Ternyata Kecanduan Game Termasuk Gejala Gangguan Mental

Bermain game merupakan aktivitas yang disukai sebagian orang. Selain menyenangkan bermain game juga bisa bermanfaat untuk mengusir stres dan kejenuhan setelah melakukan rutinitas seharian. Meskipun memiliki Manfaat jika dilakukan berlebihan hingga mengalami kecanduan tentu tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Badan kesehatan dunia WHO saat ini sudah memasukkan kecanduan game ke dalam daftar gangguan mental. 

WHO menggolongkan kecanduan game sebagai gangguan mental

Pada tahun 2018 WHO berencana menerbitkan buku panduan International Classification of Diseases (ICD-11). WHO memasukkan kecanduan game ke dalam kategori gangguan jiwa baru yang diberi nama gaming disorder.

Gaming disorder diajukan sebagai gangguan mental, perilaku, dan gangguan saraf di bawah subkategori penyimpangan penggunaan zat adiktif. Para peneliti sepakat jika kecanduan game memiliki efek yang hampir sama dengan kecanduan alkohol atau obat terlarang. Hal ini didukung dengan fakta bahwa terjadi peningkatan kasus kecanduan game di dunia yang meminta rujukan terapi pengobatan.

Jangan Lewatkan:  Wahai Orang Tua, Jangan Sepelekan Kesehatan Mental Anak

Mengenal kecanduan game (Gaming Disorder)

Gaming disorder adalah perilaku yang membuat seseorang kesulitan dalam mengontrol keinginan untuk selalu bermain game. Meskipun sudah dilakukan berbagai cara untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Kecanduan game memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Setiap hari selalu bermain game dalam jangka waktu lama, bahkan semakin hari durasinya semakin meningkat.
  2. Marah ketika dilarang atau diminta berhenti bermain game.
  3. Selalu terpikirkan game saat melakukan kegiatan lain hingga terganggu akan hal tersebut.

Seseorang yang kecanduan game akan memprioritaskan bermain game dibanding kegiatan lain, sehingga akan menggunakan cara apapun untuk memenuhi keinginan tersebut. Mereka pun tak peduli resiko yang akan diterima.

Penyebab kecanduan game

Ketika bermain game, otak akan mengeluarkan hormon dopamin yang membuat seseorang merasa puas atau bahagia. Hal ini wajar jika hormon yang dihasilkan dalam kadar yang normal.

Jangan Lewatkan:  Waspada Perilaku Catfishing di Media Sosial

Namun saat kecanduan, akan memicu otak menghasilkan hormon dopamin berlebihan. Bila itu terjadi akan mengacaukan kerja hipotalamus, yaitu bagian otak yang mengatur suasana hati dan emosi. Efeknya dapat menimbulkan perasaan senang dan bersemangat berlebihan. 

Dampak dari kecanduan tersebut adalah pikiran berkeinginan kuat untuk merasakan kesenangan terus menerus atau berulang ulang dengan durasi yang semakin lama semakin meningkat. Jika dibiarkan lama-kelamaan akan merusak kinerja otak. Kemudian akan berpengaruh pada perilaku dan kepribadian seseorang.

Pemain Rentan Kecanduan Game

Sebenarnya bermain game memiliki manfaat untuk otak. Diantaranya dapat menghilangkan stres dan kejenuhan setelah beraktivitas sehari-hari.

Bahkan secara medis telah terbukti bisa sebagai terapi untuk mengobati gangguan mental seperti ADHD dan alzheimer. Hal itu karena saat bermain game,otak terpacu untuk melatih kemampuan kognitif dan motorik.

Jangan Lewatkan:  Tips Berbaikan Dengan Pasangan Setelah Bertengkar

Jika bermain berlebihan dan tidak bisa mengatur waktu bermain game, itu baru bisa terindikasi kecanduan game atau game disorder. Para ahli mengatakan gejala yang timbul dari kecanduan game terjadi berkepanjangan selama 1 tahun. Kemudian terjadi perubahan pada penderita seperti kepribadian, perilaku, dan kebiasaannya. Gejala lainnya yaitu memiliki masalah dalam hubungan sosial di lingkungannya.

 

Sumber :

https://hellosehat.com/mental/kecanduan/kecanduan-main-game-gangguan-mental

One thought on “Ternyata Kecanduan Game Termasuk Gejala Gangguan Mental

  • 24 May 2022 at 2:12 pm
    Permalink

    ternyata saya sudah mengalami gejala itu walaupun tidak semua gejalanya ada pada saya, bisa tolong berikan masukan bagaimana solusi untuk menghilangkan gangguan mental ini?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest