Agar sukses, Begini Tips Ubah Pola Pikir Pesimis Jadi Optimis

Dalam hidup, anda pasti bersemangat dalam mencapai suatu tujuan atau keinginan. Namun sebelum tujuan tersebut tercapai sering kali anda berpikir untuk menyerah karena banyak rintangan dan keadaan yang tidak mendukung. Penyebabnya ialah pola pikir pesimis. Pola pikir pesimis dapat menjadi penghalang bagi seseorang menuju kesuksesan.

Sifat pesimis dapat diartikan sebagai pandangan tidak yakin, putus asa, sedih dan merasa tidak memiliki solusi dalam menghadapi suatu hal. Saat menghadapi suatu masalah sangat wajar jika muncul rasa pesimis. Manusia memang memiliki keterbatasan. Namun seharusnya rasa pesimis hanya muncul sementara dan diikuti dengan pikiran ingin menyelesaikan masalah tersebut. Berbahaya jika pikiran pesimis dalam diri seseorang tidak hilang dan justru semakin bertambah. Anda dapat kehilangan kesempatan besar dalam mencapi kesuksesan.

Sifat pesimis memanipulasi pikiran sehingga halangan yang ada akan terlihat besar dan tidak dapat diselesaikan. Seseorang menjadi meragukan kemampuannya sehingga ia hanya berdiam diri dan tidak melakukan sesuatu untuk mengubah keadaan. Jika dibiarkan hal ini bisa semakin parah dan mengganggu kesehatan fisik dan mental.

Ada tips untuk mengubah pola pikir pesimis menjadi lebih opstimis, berikut ini ulasannya.

1. Bersyukur dengan keadaan

Anda harus menerima apa yang telah dimiliki dan dicapai saat ini. Anda tidak perlu membandingkan dengan orang lain. Bersyukurlah anda masih memiliki pekerjaan, keluarga dan teman yang mendukung. Jangan iri melihat kesuksesan orang lain. Yang seharusnya anda lakukan adalah mempelajari dan bertindak bagaimana orang tersebut bisa sukses.

2. Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Melakukan hal yang menyenangkan seperti olahraga, jalan – jalan, mendengarkan musik, atau berbelanja dapat membuat mood lebih baik dan menjadikan anda lebih optimis. Selain itu anda bisa membantu orang lain, bermain dengan teman, dan menonton film lucu juga membuat lebih optimis. Untuk melepasakan emosi negatif anda juga bisa berteriak sekeras mungkin agar setelahnya anda merasa lega dan lebih optimis dalam memandang sekitar.

3. Berpikir dengan sudut pandang berbeda

Cobalah untuk mengubah sudut pandang anda selama ini yang selalu berpikir negatif dan pesimis. Misalnya saat anda akan memulai sebuah usaha. Kemudian anda selalu berpikir bagaimana jika usaha anda gagal dan mengalami kerugian. Anda harus mengubah pikiran itu dengan pertanyaan bagaimana jika saya berhasil dan jika gagal, paling tidak anda sudah mencoba dan menjadikannya sebagai pengalaman untuk membangun usaha yang lebih baik. Anda harus dapat mencari sisi positif dari kegagalan yang diterima.

4. Bermimpilah setinggi –tingginya

Jangan meremehkan dan merendahkan diri sendiri dalam menggapai mimpi yang tinggi. Memang tidak mudah, namun anda harus optimis untuk bisa mewujudkannya. Teruslah bermimpi dan melakukan langkah demi langkah untuk mencapai mimpi tersebut.

5. Cegah orang lain mempengaruhi emosi anda

Anda harus memegang kendali dalam mengatur emosi. Jangan biarkan orang lain mempengaruhi anda dengan segala perkataan yang membuat semakin pesimis. Anda harus yakin pada diri sendiri untuk bisa meningkatkan rasa optimis. Carilah keluarga atau teman yang bisa mendukung diri anda bukan sebaliknya.

Setiap orang bisa menjadi optimis dengan cara mengubah cara berpikir pesimis. Sikap optimis dapat menjadikan energi tambahan dalam menjalani semua proses kehidupan. Sikap optimis dapat dilatih untuk membangun sebuah fondasi dalam meraih kesuksesan yang ingin dicapai.

Sumber :
glints.com : https://glints.com/id/lowongan/optimis/
www.finansialku.com : https://www.finansialku.com/pesimis-bahaya-bagi-tubuh-dan-mental/
www.idntimes.com : https://www.idntimes.com/life/inspiration/muhammad-farid-hermawan/6-mindset-positif-menjadi-pribadi-optimis-c1c2/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest