Tips Ampuh Mencegah Birthday Blues Saat Ulang Tahun

Bagi Sebagian orang, hari ulang tahun adalah momen istimewa dalam hidup. Selain bertambahnya umur, orang yang berulang tahun akan mendapatkan ucapan selamat, doa dan hadiah. Beberapa orang akan memilih menghabiskan waktu dengan keluarga, sahabat, atau pasangan. Pada hari itu seseorang pasti akan merasakan kebahagiaan karena dapat merayakan ulang tahun dengan orang terdekat. Namun ada beberapa orang atau mungkin Anda yang justru merasakan sedih, cemas, bahkan stres saat hari ulang tahunnya. Jika hal tersebut terjadi, bisa jadi orang tersebut terkena birthday blues.

Birthday blues
Gejala birthday blues saat hari ulang tahun

Pengertian birthday blues

Birthday blues juga sering disebut birthday depression adalah kondisi seseorang yang mengalami rasa stres, cemas, dan tertekan saat hari ulang tahunnya. Seseorang justru merasa sedih di hari bahagia tersebut.

Ada beberapa aspek yang membuat seseorang mengalami birthday blues, yaitu sebagai berikut.

1. Umur semakin bertambah

Semua orang mengetahui jika ulang tahun merupakan proses bertambahnya umur. Semakin bertambahnya umur maka berbagai masalah juga akan semakin banyak seperti berubahnya bentuk tubuh dan muncul kerutan. Selain itu tanggung jawab juga semakin besar. Hal ini yang terkadang membuat seseorang tidak siap menjalaninya.

2. Keinginan belum tercapai

Saat ulang tahun, seseorang akan mengingat harapan-harapan apa saja yang telah tercapai. Jika ada keinginan yang belum terwujud bisa menimbulkan stres dan perasaan kecewa sehingga muncul perasaan bahwa dirinya tidak berharga.

3. Ekspektasi tidak sesuai realita

Seseorang mungkin mengira keluarga atau sahabat terdekat mengingat hari ulang tahunnya dan memberikan hadiah. Jika ekspektasi yang dipikirkan tidak sesuai dengan kenyataan, bisa timbul rasa sedih san kecewa. Pada akhirnya seseorang akan merasa tidak dicintai. 

Gejala birthday blues

Ada beberapa gejala yang dialami saat birthday blues menyerang, yaitu :

1. Tidak bersemangat saat ulang tahun.

2. Merasa cemas,sedih, dan tertekan saat hari ulang tahun.

3. Nafsu makan menurun.

4. Tubuh terasa sakit.

5. Tidak percaya diri.

6. Menghindari kontak dengan keluarga atau sahabat.

7. Keinginan melakukan self-harm hingga muncul pikiran untuk bunuh diri.

Secara umum penderita birthday depression akan mengalami gejala diatas. Namun setiap orang dapat mengalami gejala yang berbeda-beda. Segera periksakan kepada ahli kejiwaan jika merasakan beberapa gejala tersebut.

Cara mencegah birthday blues

1. Tidak banyak rencana

Hindari membuat banyak rencana menjelang ulang tahun karena bisa memicu stres. Buatlah rencana sederhana dan sesuai dengan kemampuan untuk meminimalkan resiko stres dan rasa kecewa ketika rencana yang diinginkan tidak terwujud.

2. Mengalihkan dengan kegiatan lain

Anda bisa melakukan kegiatan seperti olahraga atau hobi yang disenangi sebelum hari ulang tahun. Hal ini bisa mengurangi dampak dari birthday blues.

3. Berpikir positif

Cobalah untuk berpikir positif pada hari ulang tahun. Misalnya belum mencapai apa yang diharapkan. Berpikirlah bahwa anda masih berproses mencapai tujuan. Ingatlah berbagai pencapaian yang berhasil dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Anda pasti akan semakin termotivasi dalam meraih tujuan yang belum dicapai.

4. Tidak berekspektasi terlalu tinggi

Berpikirlah secara realistis tentang harapan saat hari ulang tahun. Bersyukurlah dan menghargai apa yang dilakukan orang sekitar untuk merayakan ulang tahun. Meskipun pemberiannya hanya sederhana, tetapi Anda akan merasa puas dan terhindar dari perasaan kecewa karena ekspektasi berbeda dari yang diharapkan.

5. Merayakan dengan wajar

Rayakan ulang tahun sesuai keinginan dan kemampuan Anda. Hal terpenting saat ulang tahun adalah bukan seberapa mewah acara yang ada, tetapi kebahagian yang dirasakan karena bisa berkumpul dengan keluarga atau sahabat terdekat.

Sebenarnya Kesedihan yang timbul karena birthday blues akan berhenti dengan sendirinya. Namun jika stres dan kesedihan tidak kunjung hilang, segera konsultasikan dengan psikolog atau psikiater.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest