Ketahui Tipe Orang yang Suka Menunda Pekerjaan

Perilaku bermalas – malasan sering dilakukan semua orang. Contohnya seperti menunda pekerjaan. Meskipun tidak setiap hari, mungkin sesekali anda pernah melakukannya. Suka menunda pekerjaan ternyata memiliki beberapa tipe sesuai kepribadian yang anda miliki. Anda termasuk yang mana ? Mari kita simak penjelasannya beserta solusinya.

1. Penentang

Tipe penentang adalah orang yang tidak menuruti aturan yang ada atau dengan kata lain ia mengerjakan tugas semaunya sendiri hingga tidak peduli bahwa tugasnya belum selesai hingga batas waktu yang ditentukan.

Solusi :

Anda harus belajar bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Ingatlah akibat yang ditimbulkan jika anda bertindak semaunya sendiri. Hal itu dapat berpengaruh terhadap hubungan anda dengan pemberi pekerjaan. Bukan tidak mungkin kepercayaan yang diberikan kepada anda akan hilang.

2. Penghindar

Tipe orang ini menunda pekerjaan karena takut dan khawatir tidak bisa mengerjakannya. Dalam otaknya banyak hinggap pikiran negatif. Mereka selalu berpikir “Bagaimana jika gagal ?” atau “Bagaimana jika tidak bisa ?”. Pada akhirnya mereka memilih menunda pekerjaan dengan cara menghindarinya daripada jika dikerjakan hasilnya tidak bagus.

Solusi :

Jangan memikirkan hal buruk yang belum tentu terjadi. Pikiran negatif hanya akan membuat anda semakin stres sehingga semakin menunda pekerjaan. Kerjakan tugas yang menurut anda paling mudah terlebih dahulu sampai yang tersulit. Jika anda bingung, mintalah bantuan orang yang berkompeten untuk mengarahkan anda.

3. Perfeksionis

Orang perfeksionis yang menunda pekerjaan terkadang alasannya bukan karena mereka malas, akan tetapi mereka terlalu cemas dan memperhatikan hal – hal kecil yang bisa mengurangi kesempurnaan hasil dari tugas yang diberikan. Akibat terlalu fokus pada hal tersebut sehingga pekerjaan utamanya tidak pernah selesai. Ia terlalu khawatir tugas yang dikerjakan hasilnya tidak maksimal.

Solusi :

Anda harus mengerjakan sesuai kemampuan dan menghargai apa yang dikerjakan. jangan khawatir dengan standar  yang diberikan pemberi tugas. Tetapkan tujuan yang realistis,  jangan berekspektasi terlalu tinggi. Fokus pada tujuan dan selalu memotivasi diri. Kemudian tetapkan batas waktu pengerjaan. Jangan takut salah karena dari hal itu bisa dijadikan pembelajaran.

4. Pemimpi

Tipe orang ini bagus dalam perencanaan, tetapi dalam prakteknya sulit untuk direalisasikan. Hal ini membuatnya frustasi sehingga pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak selesai dan tertunda.

Solusi :

Cobalah untuk mengubah rencana anda menjadi kenyataan. Kerjakan sedikit demi sedikit dan tetapkan target harian. Jangan terus bermimpi hingga pada akhirnya rencana yang sudah disusun hanya menjadi wacana dan tidak pernah menjadi kenyataan.

5. Multitasker

Tipe multitasker menunda pekerjaan karena terlalu banyak tugas yang dikerjakan. mereka tidak tahu dan bingung mana tugas yang harus didahulukan. Orang ini biasanya tidak enak untuk menolak tugas yang diberikan bahkan mungkin tidak sanggup dikerjakannya.

Solusi :

Anda harus tahu mana tugas yang harus didahulukan atau menjadi prioritas. Jangan sungkan untuk menolak jika tugas yang diberikan melebihi kesanggupan dari kemampuan anda.

6. Pembuat Masalah

Orang dengan tipe ini suka menunda pekerjaan hingga mendekati batas waktu deadline. Mereka justru menikmati sensasi mengerjakan pekerjaan dibawah tekanan. Menurut mereka hal itu membuat semakin kreatif dan bersemangat.  

Solusi : Bekerja dengan tergesa – gesa membuat hasilnya menjadi tidak maksimal. jika anda lebih bersemangat saat mengerjakan mendekati deadline, bagilah waktu dengan baik. Anda harus mengerjakan dengan konsentrasi penuh dan tidak membagi fokus dengan mengerjakan hal lain agar hasilnya menjadi maksimal.

Sumber :
hellosehat.com : 6 Tipe Orang yang Suka Menunda Pekerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest