Inilah Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

Pastinya, setiap manusia memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda-beda. Dengan mengetahui pribadi diri anda sendiri, maka akan mengenali karakter diri anda masing-masing. Dalam dunia psikologi, terdapat 4 jenis tipe yang bisa digunakan sebagai acuan untuk mengenali karakter setiap individu. Untuk itu, kali ini akan dibahas tipe-tipe tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

1. Sanguinis

Sanguinis ini merupakan tipe yang cenderung memiliki pribadi yang optimis dan riang. Sehingga sanguinis membuat dirinya disukai banyak orang akibat keramahannya tersebut. Tipe ini biasanya cenderung akan mendahulukan perasaan daripada pemikirannya. Selain itu tipe ini dikenal dengan sifatnya yang kreatif sehingga mampu menjadi penghibur yang hebat.

2. Koleris

Tipe satu ini biasanya dikenal memiliki sifat yang sangat cerdas serta logis dalm berpikir. Koleris akan suka untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memiliki minat pada bidang yang serupa. Akan tetapi, tipe ini tidak terlalu menyukai pembicaraan yang sebentar. Mereka lebih memilih untuk terlibat pada percakapan yang bermakna dan mendalam.

3. Plegmatis

Bisa dikatakan jika tipe kepribadian plegmatis ini cenderung memiliki sifat yang cinta damai. Sehingga plegmatis akan mencari keharmonisan pada pribadi dan memiliki hubungan dekat yang membuat orang dengan tipe ini bisa menjadi pasangan yang setia. Tipe ini pun juga suka menjaga hubungan dengan teman lama hingga keluarga yang jauh. Tipe ini akan cenderung menghindari konflik sehingga menjalani kehidupn yang penuh perdamaian.

4. Melankolis

Tipe yang terakhir ini cenderung menyukai hal yang berbau tradisi, sehingga bisa dikatakan bahwa tipe ini sangat menyayangi keluarga dan teman-temannya. Seseorang yang memiliki tipe ini termasuk orang yang tidak suka mencari hal yang baru atau berpetualang. Bahkan tipe ini pun dapat dikatakan cenderung menghindarinya.

Dengan mengetahui berbagai tipe menurut psikologi ini, tentunya anda akan semakin bisa mengenali karakter diri anda masing-masing. Setelah anda mengetahui tipe tersebut, maka anda pun bisa untuk memperbaiki hal-hal yang tidak baik atau tidak sesuai dengan hidup anda. Nantinya, dengan mengenali diri anda sendiri tentu saja akan berdampak pada bagaimana anda bertindak di dalam kehidupan.

Sumber :
www.liputan6.com : 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, Kalian yang Mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest