Ketahui Tipe Kepribadian Berdasarkan Warna Favorit

Tipe kepribadian manusia merupakan hal yang kompleks dan berdinamika. Oleh karena itu, kepribadian seseorang tidak dapat dinilai secara pasti melainkan hanya berupa perkiraan. Contohnya dengan menebak kepribadian berdasarkan warna favorit. Preferensi seseorang terhadap suatu warna memang diketahui dapat menggambarkan kepribadian orang tersebut. Penasaran? Simak beberapa fakta menarik berikut.

Inilah Tipe Kepribadian Menurut Psikologi Warna

1. Hijau

Hijau, merupakan warna yang melambangkan kesejukan dan kesegaran karena identik dengan warna alam. Namun berdasarkan psikologi warna, hijau dapat diartikan sebagai pribadi yang berusaha untuk mendapatkan keamanan dari segi keuangan atau percintaan. Selain itu, hijau juga diartikan sebagai orang yang menyukai perhatian. Sehingga mereka peduli terhadap pandangan orang lain terhadap dirinya.

Sebagai penyuka warna hijau, mereka ingin dilihat sebagai orang yang kaya, penting, dan sukses oleh orang lain. Inilah yang menjadikan mereka ingin menjadi sosok penting di dalam lingkungan atau pergaulan. 

2. Abu-abu

Abu-abu merupakan perpaduan antara warna hitam dan putih. Warna ini cenderung memiliki arti ketidaktegasan atau keragu-raguan. Penyuka warna abu-abu dapat digambarkan seperti orang yang masih takut terhadap adanya komitmen. Ia akan dengan mudah menjalani sesuatu lalu meninggalkannya begitu saja.

Selain itu abu-abu juga terkesan sebagai warna yang membosankan dan tidak memiliki emosi. Penyuka abu-abu dapat diperkirakan memiliki tipe kepribadian yang tidak ambisius, pembimbang, dan tanpa emosi. Sifat ini yang menjadikannya sebagai orang yang tidak mudah tertarik terhadap sesuatu.

3. Putih

Warna putih identik dengan kesucian dan kepolosan. Penyuka warna ini memiliki kecenderungan untuk yakin akan adanya kesucian atau kepolosan yang dimiliki. Selain itu, penyuka putih juga dapat digambarkan sebagai pribadi yang teliti dan menjaga kebersihan atau kerapihan. Inilah yang menjadikannya peduli terhadap penampilan. 

4. Ungu 

Ungu merupakan warna yang terkesan elegan, unik, dan berkelas. Maka dari itu tipe kepribadian penyuka warna ungu tidak jauh berbeda dengan kesan warna ungu itu sendiri. Mereka menyukai hal yang bersifat unik, kreatif, dan modis. Inilah yang membuat mereka memiliki keinginan untuk selalu tampil elegan dan berkelas. Penyuka warna ungu juga akan cenderung memilih pergaulan dengan derajat yang tinggi.

Selain itu, penyuka warna ungu menurut psikologi warna dapat diartikan sebagai dunia mimpi. Dunia mimpi yang dimaksud adalah bahwa orang tersebut cenderung lebih fokus ke dirinya sendiri dibandingkan dengan lingkungan sekitar. Untuk sifat, penyuka warna ungu digambarkan memiliki karakter yang sopan, menyenangkan, kreatif, unik, dan humoris. Sedangkan dari segi negatif, penyuka warna ungu cenderung tidak terlalu menyukai kerja keras.

5. Biru

Warna yang identik dengan laut dan langit ini memang terkesan memiliki aura yang lembut dan menenangkan. Penyuka warna biru dapat digambarkan memiliki tipe kepribadian yang hati-hati, konservatif, dan introspektif. Inilah yang menjadikannya terkesan sebagai sosok yang penyabar, pandai mengendalikan emosi, dan sensitif. Ia akan sangat mudah menyadari kesalahan yang diperbuat.

Penyuka warna biru akan bangga apabila orang lain mengaguminya karena pengendalian emosi serta kebijaksanaanya. Selain itu, ia juga dapat menjadi sosok yang loyal terhadap suatu pilihan. Akibat kehati-hatiannya yang terkadang berlebihan, penyuka biru dapat dianggap sebagai orang yang mudah curiga dan kurang menyukai kespontanan. 

6. Kuning

Berdasarkan psikologi warna, kuning merupakan jenis warna yang yang melambangkan keceriaan, dan kecerahan seperti halnya matahari. Orang yang menyukai warna kuning biasanya haus akan petualangan, dan aktualisasi diri. Mereka sangat suka untuk mencoba hal yang baru dan menantang. Karena dalam jiwanya terdapat ambisi dan semangat yang luar biasa. Selain itu, penyuka warna kuning juga selalu memiliki imajinasi-imajinasi didalam pikirannya.

Tipe kepribadian juga dapat digambarkan sebagai orang yang ceria, cerdas, berbakat, dan humoris. Inilah mengapa orang lain dapat memperoleh aura positif darinya. Penyuka kuning sangat mendambakan kebebasan, baik saat bertindak dan mengambil keputusan, sehingga dapat menjadikannya sosok yang terlihat mandiri. Namun karena sifat mandiri inilah justru dapat membuatnya memiliki kecenderungan untuk susah bekerja sama dengan orang lain.

7. Orange/ jingga

Sama hanya dengan warna kuning, orange atau jingga juga merupakan jenis warna yang melambangkan kesenangan dan keceriaan. Kepribadian dari penggemar warna orange adalah suka terlihat menonjol atau menjadi pusat perhatian. Hal ini yang menjadikan kesan bahwa ia dapat mudah bersosialisasi atau bergaul. Selain itu dia juga bersifat pemberani, keingintahuan tinggi, penuh semangat, dan tidak mudah lelah.

Gambaran dari penyuka warna orange adalah pribadi atau karakternya yang populer dan cenderung mudah disukai oleh banyak orang. Namun kelemahan yang dimiliki yaitu terkadang bersifat mendramatisir karena haus akan perhatian. Ia juga dapat bersikap kurang pendirian karena selalu ingin menyesuaikan agar dapat diterima oleh lingkungan.

8. Hitam

Karakter hitam seringkali terkesan dengan aura yang misterius. Hal tersebut ternyata juga berlaku pada tipe kepribadian penyuka warna hitam. Ia suka untuk menciptakan aura misterius dan tidak mudah ditebak. Selain itu sifat seperti tidak tertarik menjadi pusat perhatian, bermartabat, dan suka dihargai orang lain juga termasuk didalamnya. Orang yang menyukai warna hitam juga dapat digambarkan sebagai orang yang simple atau sederhana.

9. Merah

Dalam psikologi warna, merah memiliki karakter yang melambangkan semangat, vitalitas, dan kekuatan. Warna merah seringkali disukai oleh orang yang memiliki optimisme tinggi terhadap sesuatu. Ia cenderung selalu memiliki semangat untuk melakukan hal yang digemari. Selain itu dia juga dapat memiliki kecenderungan untuk bersikap agresif. Kedisiplinan yang dimiliki penyuka warna merah juga dapat menjadikan orang lain merasa segan.

Mereka dapat dikatakan sebagai pribadi yang memiliki karakter dinamis. Tak sedikit pula penyuka warna merah yang memiliki sifat ambisius tinggi. Mereka juga dapat dikatakan subjektif dan cenderung lebih mudah untuk melakukan penilaian (judgement) terhadap orang lain. 

10. Pink/ merah muda

Warna merah muda identik dengan sifat lembut dan feminim, itulah mengapa warna ini seringkali digunakan untuk menandai hal-hal yang berkaitan dengan perempuan. Penyuka warna merah muda dapat dikatakan sebagai orang yang penuh akan kasih sayang, peduli, dan mengayomi. Mereka juga mendambakan kasih sayang dan perlindungan dari orang lain.

Penyuka merah muda juga cenderung akan memiliki tipe kepribadian menarik atau charming. Selain itu juga menyukai ketenangan atau kedamaian. Sedangkan kelemahan yang dimilikinya yaitu terkadang bersikap terlalu sensitif dan rapuh. Juga sering berharap akan seseorang yang dapat menjadi tempat bergantung. Mereka juga cenderung memandang sesuatu berdasarkan perasaan atau feeling

Itulah dia kesepuluh tipe kepribadian berdasarkan warna favorit. Warna apakah yang paling sesuai dengan kepribadian anda? Warna-warna itu memang dapat menggambarkan karakter dari seseorang. Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut tidak dapat dikatakan valid, dan hanya sekedar gambaran secara umum. Karena seperti yang diketahui sebelumnya, kepribadian manusia tidak dapat dinilai dari satu sudut pandang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Sumber :
https://m.merdeka.com/gaya/melihat-tipe-kepribadian-seseorang-berdasar-warna-kesukaannya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest