Kurangi Stres Dengan Teknik Niksen

Memasuki akhir pekan menjadi saat yang ditunggu – tunggu untuk melepaskan diri dari kejenuhan dan stres akibat aktivitas sehari – hari. Anda bisa melakukan kegiatan untuk relaksasi diri. Salah satunya yaitu dengan rebahan. Tren rebahan saat ini sedang menjamur dimasyarakat. Hal ini sering dianggap kegiatan bermalas – malasan dan tidak produktif. Namun sebenarnya rebahan mempunyai banyak manfaat.

Rebahan diartikan sebagai kegiatan tidak melakukan apa – apa dalam jangka waktu tertentu.  Jangan salah, konsep gaya hidup ini populer di Belanda. Konsep ini disebut dengan Niksen. Dikutip dari sociolla.com, Niksen secara harfiah dapat diartikan sebagai kegiatan berdiam diri, tidak melakukan apa – apa, atau melakukan aktivitas tanpa tujuan apapun.

Ruut Veenhoven, profesor Erasmus University Rotterdam dan juga seorang sosiolog, berkata bahwa Niksen ialah aktivitas yang membiarkan pikiran bebas tidak terfokus pada suatu detail atau tindakan.

Selain rebahan, Niksen juga bisa dilakukan dengan duduk dengan melihat pemandangan, berjalan – jalan, mendengarkan musik dengan tidak mengerjakan hal lain, dan sebagainya. Niksen dilakukan dengan tujuan pikiran menjadi bebas tanpa melakukan kegiatan lain.

Penelitian menyebutkan bahwa jika dilakukan dengan benar, Niksen berguna untuk kesehatan mental seseorang, seperti memperlambat penuaan, menurunkan stres, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga pikiran dapat menemukan ide – ide cemerlang dan mencari pemecahan suatu masalah. Penelitian lain juga mengungkapkan jika saat melakukan Niksen pikiran dapat menemukan gagasan dan mencari solusi dari masalah secara lebih kreatif. Selama proses itu seseorang akan mendapat inspirasi lebih banyak.

Bagi seseorang yang terbiasa sibuk dan aktif beraktivitas, konsep ini mungkin sedikit sulit dilakukan karena anda harus meluangkan waktu untuk tidak melakukan apa – apa, seperti duduk santai dengan melihat pemandangan. Hal ini dapat dilakukan beberapa saat untuk mengatasi rasa jenuh dalam pekerjaan. Intinya adalah anda membebaskan diri dari kepenatan akibat aktivitas yang dilakukan dalam waktu beberapa saat.  Meskipun bermanfaat untuk kesehatan mental dan pikiran, niksen harus dilakukan disaat yang tepat seperti diwaktu luang, akhir pekan, atau saat liburan. Jangan sampai melakukan Niksen terus – menerus kemudian melupakan pekerjaan anda.

Sumber :
www.halodoc.com : Tiru Metode Niksen Cara Santai Usir Stres dengan Rebahan
sociolla.com : Suka Rebahan dan Tidak Melakukan Apapun? Coba Konsep Niksen, Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest