Teknik Mengatasi Trauma pada Diri Sendiri

Reaksi setiap orang saat mengalami trauma memiliki respon dan cara yang berbeda untuk mengatasinya. Trauma merupakan suatu hal yang sering dikaitkan dengan tekanan emosional. Kejadian trauma psikologis terkadang bisa pulih dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Anda bisa menyimak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Kembali Ke Rutinitas Dan Mengurus Diri Sendiri

Untuk mengatasi rasa trauma, pastinya setiap orang akan memiliki cara yang berbeda-beda. Anda bisa saja dengan mulai untuk kembali ke rutinitas sebelumnya, mengonsumsi makanan yang sehat, tidur yang cukup, hingga olahraga yang teratur. Anda juga bisa melakukan berbagai hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar berfungsi dengan baik. Tak hanya itu saja, anda juga bisa melakukan berbagai hal yang disenangi.

Tentu saja dengan melakukan hal yang disukai akan membuat anda bisa menghilangkan stres. Serta anda juga dapat melakukan aktifitas yang dapat mengalihkan pikiran anda dari trauma tersebut. Dengan mengurus diri sendiri, tentunya anda akan lebih menjaga diri anda sendiri dengan baik dan dapat menghilangkan pikiran-pikiran buruk yang dapat mengingatkan anda akan trauma di masa lalu.

2. Mencoba Fokus Dengan Hal Yang Penting Dan Menenangkan Diri

Bidang psikologi, juga menyebutkan ketika anda dihadapkan dengan kejadian trauma psikologis maka anda diharuskan untuk lebih fokus pada hal yang seharusnya anda lakukan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar anda dapat menghemat energi anda, baik fisik atau emosional. Selain itu, anda juga bisa menenangkan diri anda dengan menarik napas dalam-dalam selama beberapa kali. Tentunya, hal ini akan membuat anda mampu berpkiran jernih dan menjadi lebih tenang.

Ketika sedang dilanda trauma, sebaiknya anda tidak mengambil keputusan yang besar. Hal ini disebabkan emosi anda cenderung masih tinggi sehingga nantinya anda tidak dapat berpikir rasional. Untuk itu, tunggulah hingga emosi anda menjadi stabil terlebih dahulu. Selain itu, cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri. Karena hal tersebut akan lebih bisa membuat anda untuk menerima apa yang terjadi dan mempermudah proses pemulihan diri dari trauma anda.

Terakhir jika anda tidak mampu untuk mengatasi trauma pada diri sendiri, mintalah bantuan kepada teman atau keluarga. Selain itu juga bisa pergi ke psikolog atau psikiater.

Sumber :
www.alodokter.com : Cara Mengatasi Trauma yang Penting Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest