Stres Kena PHK Akibat COVID-19? Lakukan Kiat-kiat Berikut



Pandemi COVID-19 melanda hampir seluruh dunia. Tak heran topik satu ini menjadi buah bibir masyarakat di manapun berada. Dampaknya tak tanggung-tanggung, menyasar hampir seluruh aspek kehidupan. Termasuk memengaruhi pola hidup, kesehatan, serta perekonomian secara global.

Akibatnya, terjadi banyak kasus PHK di kalangan pekerja karena perusahaan mengalami krisis. Dan tentu saja, PHK bukan hanya berdampak besar pada finansial seseorang, melainkan juga berpengaruh terhadap kondisi psikisnya. Maka di tengah situasi tidak menentu semacam itu, sejumlah kiat perlu dilakukan untuk menghindari stres, terutama bagi Anda atau kerabat dekat yang baru saja terkena PHK.

1. Melakukan Hobi

Perlu diketahui bahwa gejala stres akan memburuk apabila seseorang tidak melakukan pengalihan. Pengalihan dari pikiran-pikiran yang membuat stres perlu dilakukan agar seseorang tidak terlalu larut dalam kesedihan atau kecewa berlebihan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan melakukan hobi. Hobi akan sangat menyenangkan apabila dilakukan, sehingga dapat meredam kesedihan. Contohnya seperti bermain game, menyanyi, mendengarkan musik, olahraga, jalan kaki, dan lain sebagainya.



2. Tanamkan Pola Pikir Baru

Siapkan diri untuk menerima keadaan, juga usahakan Anda tidak tenggelam dalam kondisi ini dalam waktu lama. Pikirkan bahwa pekerjaan tersebut bukan segala-galanya. Kemudian lakukan sesuatu untuk menjadi pribadi yang lebih berkembang. Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk mulai mempelajari hal baru, melihat peluang-peluang bisnis yang tersedia. Atau cara yang paling mudah, Anda bisa mulai menghubungi koneksi Anda di luar sana, barangkali mereka bisa memberikan kesempatan kerja yang baru buat Anda.

3. Hindari Menyendiri

Saat menyendiri, seseorang cenderung lebih mudah dikelilingi oleh pikiran-pikiran negatif. Maka dari itu apabila mengalami gejala stres, sebaiknya jangan menyendiri. Temukan orang-orang terdekat yang dapat Anda percaya untuk berbagi cerita soal kesulitan atau keluh kesah Anda. Berinteraksi dengan orang-orang terdekat dan tepercaya dapat memberikan energi positif sehingga dapat mengurangi stres yang tengah Anda alami.



4. Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan kunci untuk menghindarkan diri Anda dari stres. Pikirkan bahwa apa yang Anda alami saat ini bukan semata-mata sebuah musibah. Sebaliknya, merupakan batu loncatan dalam proses perubahan Anda menjadi diri yang lebih baik sekaligus dewasa. Masih ada banyak peluang dan kesempatan lain yang dapat Anda lakukan selain menjalani pekerjaan sebelumnya.

5. Motivasi Diri Sendiri

Kalau bukan Anda, siapa lagi yang bisa memberikan motivasi untuk bergerak dari keterpurukan? Anda tak punya pilihan lain, memotivasi diri sendiri adalah hal terbaik cara yang pertama kali haru Anda lakukan saat mengalami masa sulit. Tumbuhkan keyakinan pada diri sendiri, bahwa Anda sanggup menjalani permasalahan. Caranya dengan memberikan apresiasi terhadap segala pencapaian selama ini. Lalu terima dan hargai, sehingga anda sanggup untuk melangkah menuju hal yang lebih baik dari sekarang.

6. Terapkan Pola Hidup Sehat

Selalu jaga kesehatan walaupun pada masa sulit seperti sekarang. Pertahankan kesehatan secara optimal agar tidak memperburuk situasi yang sedang Anda alami. Konsumsi makanan kaya nutrisi, seperti sayur-sayuran dan buah untuk menjaga daya tahan tubuh. Terlebih kondisi cuaca belakangan kurang bersahabat. Sementara ancaman terpapar virus covid-19 juga masih menghantui. Maka kesehatan Anda adalah yang paling utama saat ini.



Itulah beberapa kiat mengatasi gejala stres yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Stres akibat PHK memang sangat menyulitkan, namun Anda harus tetap bangkit untuk menjalani hidup. Semoga bermanfaat dan Anda segera memperoleh penghidupan baru yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest