Anak Tidak Mau Sekolah Karena Takut Guru? Ini Solusinya

Sekolah adalah tempat untuk anak belajar dan berkembang. Disana mereka bisa bermain dan belajar hal – hal baru. Selain itu juga untuk belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya. Lalu bagaimana jika anak tidak mau sekolah dengan alasan takut kepada gurunya?

Rasa takut merupakan hal normal yang dimiliki setiap manusia. Hal ini juga sebagai bagian dari tumbuh kembang anak.

Dilansir dari Child Mind, Elianna Platt, pekerja sosial di Child Mind Institude mengatakan jika saat anak merasa takut atau dalam masalah secara naluri orang tua pasti membantu mengatasinya. Namun Platt juga mengingatkan bahwa jangan terlalu sering membatu anak dalam hal kecil karena dapat membuat anak menjadi tidak mandiri.

Orang tua boleh membantu anak mengatasi masalahnya. Namun Platt menyarankan agar orang tua memberikan kesempatan kepada anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Inilah solusi mengatasi anak mogok sekolah karena takut guru.

1. Cari tahu penyebabnya

Cobalah untuk bertanya kepada anak mengapa ia takut kepada gurunya. Mungkin ia pernah dimarahi gurunya. Berilah penjelasan bahwa perilaku tersebut adalah untuk mendidik dirinya agar menjadi pribadi yang kuat dan mandiri. Jika ia pernah dihukum oleh gurunya karena berbuat salah maka katakanlah untuk tidak mengulangi kesalahannya.

2. Berbicara kepada guru

Cabalah untuk menemui guru di sekolah. Berbicaralah kepada guru yang bersangkutan. Tanyakan bagaimana sikap anak anda jika berada disana. Minta bantuan guru untuk melakukan pendekatan kepada anak anda supaya tidak merasa takut lagi. Cara ini juga bertujuan agar orang tua dan pihak sekolah menjadi lebih dekat dan kepercayaan pun meningkat.

3. Beri anak anda motivasi

Mungkin anak anda takut kepada guru karena menganggap penampilan gurunya terlihat galak. Selain itu juga situasi sekolah yang berbeda dengan saat berada di rumah. Anda bisa memberi tahu anak tentang hal positif seorang guru dan betapa senangnya jika bisa bermain dan belajar bersama teman – temannya. Orang tua juga harus memberikan informasi bahwa sekolah itu penting untuk masa depan si anak.

Perkembangan anak pada masa sekolah sangat penting. Oleh karena itu anak perlu merasa nyaman berada di sekolah. Orang tua perlu memberikan solusi jika anak memiliki masalah saat berada disana. Namun sebelumnya beri kesempatan anak untuk menyelesaikan sendiri supaya bisa menjadi pribadi yang mandiri.

Sumber :
www.haibunda.com : https://www.haibunda.com/parenting/20191212163556-62-71808/3-cara-mengatasi-anak-mogok-sekolah-karena-takut-guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest