Viral di Mandalika, Singing Bowl Bisa Untuk Terapi

Pawang hujan bernama Rara menjadi viral usai aksinya pada gelaran Motogp di mandalika. Pada saat itu, ia menggunakan singing bowl untuk mengendalikan hujan. Setelah Rara melakukan ritual, entah kebetulan atau tidak hujan benar-benar berhenti dan balapan dapat dilanjutkan.

Ternyata Singing bowl tidak hanya dipakai oleh pawang hujan. Tetapi diyakini dapat mempengaruhi gelombang otak. Oleh karena itu, benda tersebut sering dipakai untuk terapi dan meditasi. Untuk lebih mengenal singing bowl, simak ulasan berikut ini.

Mengenal singing bowl

Genta tibet atau atau lebih dikenal dengan nama singing bowl adalah sebuah lonceng yang dibalik sehingga berbentuk seperti mangkuk. Saat dimainkan alat ini akan bergetar dan menghasilkan suara.

Cara memainkannya yaitu dengan mengetuk genta stik (mallet) kemudian memutar stik mengelilingi bagian luar mangkuk. Saat telah mendengar bunyi yang jelas, Anda dapat memperlambat putaran. Tidak hanya pergelangan tangan saja yang memutar, tetapi gerakan hingga lengan juga ikut memutar.

Pada awalnya singing bowl dipakai untuk peralatan makan. Lalu dipakai pula sebagai hadiah pengantin perempuan. Seiring perkembangan zaman, singing bowl dipakai oleh biksu untuk berdoa dan meditasi.

Dikutip dari detik.com, Founder singing bowl Indonesia yang bernama Adeline Windy mengatakan bahwa singing bowl sesungguhnya adalah instrumen bel Yang dibalik. Singing bowl memiliki banyak sejarah. diantaranya sebagai hadiah untuk mempelai wanita dan dikatakan bahwa dapat meningkatkan kualitas makanan. 

Jangan Lewatkan:  Ketahui Hal Berikut Sebelum Pilih Kuliah Jurusan Psikologi

Selain itu juga bisa mendeteksi kandungan racun di dalam makanan. Bahan pembuatan singing bowl berasal dari alam yang diyakini memiliki frekuensi yang dapat mempengaruhi manusia. Frekuensi yang dimiliki manusia bisa naik dan turun ketika merasa senang,sedih atau marah. Sedangkan elemen alam memiliki frekuensi yang stabil sehingga diharapkan dapat menetralkan atau menenangkan emosi manusia.

Adeline mengungkapkan suara singing bowl bisa mempengaruhi gelombang otak dari gamma ke beta atau dari beta ke alfa, atau dari alfa ke theta. Ketika emosi manusia tidak stabil lalu akan melakukan meditasi tentu akan kesulitan, frekuensi singing bowl mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks sehingga bisa lebih dalam (deep) saat meditasi.

Ada dua macam singing bowl, yaitu ada yang bersuara tinggi dan rendah. Singing bowl bersuara tinggi cocok dengan meditasi cinta kasih dan membantu memanifestasikan sesuatu di pikiran. Sedangkan yang bersuara rendah digunakan untuk grounding meditation.

Jangan Lewatkan:  Ini Alasan Kenapa Orang Optimis Berumur Lebih Panjang daripada yang Pesimis

Adeline menyarankan orang-orang yang ingin menggunakan singing bowl untuk memilih yang memiliki suara atau getaran yang sesuai dengan pribadi masing-masing. Alasannya karena itu akan melekat di pikiran. Seperti halnya saat kita kecil mendengar suara ibu atau mendengarkan musik.

Manfaat singing bowl

Dikutip dari Very Well Mind, banyak orang merasakan getaran singing bowl berguna dalam menormalkan dan menyeimbangkan sistem energi fisik, pikiran dan jiwa. Beberapa orang juga berpendapat jika benda tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan dan  berdampak positif bagi gelombang otak. 

Studi oleh Swiss Journal Research in Complementary Medicine, membuktikan jika berkurangnya rasa sakit pada penderita nyeri tulang belakang setelah menjalani terapi singing bowl dalam enam sesi. Selain itu juga berdampak pada tingkat stres pasien yang menurun.

Studi lainnya dari American Journal of Health Promotion tahun 2014, mengungkapkan singing bowl menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Dari beberapa studi diatas dapat disimpulkan bahwa terapi singing bowl terbukti bisa memberikan efek ketenangan dan digunakan dalam pemulihan atau pengobatan secara fisik dan mental.

Jangan Lewatkan:  Berbagai Jenis Terapi untuk Atasi Gangguan Kesehatan Mental

Selain untuk meditasi, singing bowl juga digunakan untuk terapi fisik seperti pengobatan pada perut atau punggung. Singing bowl bisa menyalurkan getaran yang menyalurkan energi ke dalam tubuh. Seperti terkena setrum. Tubuh akan merespon getaran atau energi tersebut sehingga hambatan dalam penyaluran energi bisa dilepas. Getaran tersebut yang digunakan untuk pengobatan atau terapi fisik.

Praktisi singing bowl, Ivonne Teguh Sentosa yang juga merupakan dokter gigi mengatakan bahwa singing bowl bukanlah benda keramat, melainkan manfaatnya bisa dijelaskan secara ilmiah.

Ia menambahkan bahwa saat seseorang mengalami, depresi atau stres, gelombang betanya sangat aktif. Suara Singing bowl dapat menetralkan kondisi mental tersebut menjadi lebih tenang. Dari uraian diatas dapat disimpulkan beberapa manfaat singing bowl, yaitu membantu dalam ketenangan, konsentrasi, memanifestasikan sesuatu di pikiran dan meditasi.

 

Sumber :

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5995312/viral-dipakai-pawang-hujan-di-mandalika-singing-bowl-bisa-untuk-terapi-lho

https://journal.sociolla.com/lifestyle/terapi-suara-singing-bowl?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest