Praktik Mindfulness untuk Hidup Lebih Tenang, Begini Caranya

Mindfulness merupakan cara memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi saat ini dengan penuh kesadaran dan objektivitas. Sederhananya, mindfulness adalah cara untuk melatih diri Anda untuk lebih fokus. Praktik mindfulness bertujuan untuk menenangkan pikiran. Juga menjadi cara yang dapat membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu dalam menghadapi masalah di lingkungan keluarga, pekerjaan, hubungan, atau kehidupan sosial lainnya.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengaplikasikan mindfulness, Anda dapat merujuk pada penjelasan berikut.

Mulai Praktik Mindfulness dengan Sebuah  Tujuan

Niat adalah motivasi dasar dari segala bentuk pemikiran, ucapan, dan tindakan. Dengan menetapkan niat, Anda bisa menjaga sebuah komitmen dalam pikiran. Sehingga Anda bisa mengambil tindakan dengan lebih hati-hati, khususnya pada masa-masa sulit.

Cobalah untuk memulai hari dengan latihan berikut ini sebelum memeriksa ponsel dan beraktivitas:

  1. Saat bangun tidur, duduk dengan posisi santai di kasur atau kursi. Pejamkan mata untuk kemudian menenangkan pikiran dan perasaan Anda. Pastikan posisi duduk juga rileks, tulang belakang lurus dan tidak kaku.
  2. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan buang lewat mulut. Ulangi beberapa kali secara perlahan dengan ritme yang teratur. Pastikan pikiran Anda masih fokus dan rileks.
  3. Tanyakan pada diri Anda: “Apa tujuan saya hari ini?” Setelahnya, tanyakan kembali bagaimana Anda akan tampil maksimal dalam meraih tujuan tersebut, bagaimana cara memenuhinya, atau minimal bersiap untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi.
  4. Periksa diri sendiri. Setelah menetapkan niat dan mengambil tindakan pada hari itu. Berhentilah sejenak dan perhatikan sejauh mana Anda telah menjalaninya. Apakah ada tindakan di luar kendali yang menyebabkan goyahnya komitmen dan niat yang telah disepakati dengan diri sendiri?

Praktik Mindfulness dengan Menikmati Proses Makan

Makan merupakan bagian penting dalam rutinitas sehari-harin. Namun banyak orang tidak menikmatinya karena pikirannya masih sibuk berkutat dengan urusan lain. Padahal orang makan juga perlu fokus demi memaksimalkan nutrisi yang masuk. Sehingga asupan makanan tidak sekadar untuk menghilangkan lapar, tetapi juga mengembalikan stamina tubuh.

Cobalah dengan menarik napas dalam-dalam sebelum makan. Banyak orang lupa dengan cara sederhana ini. Terburu-buru mengalihkan perhatian ke kegiatan lain, seolah-olah sedang diburu waktu. Bersikaplah lebih tenang dan fokus.

Menjaga Keseimbangan pada Otak

Mindfulness terkadang membuat otak kita bekerja sangat keras. Jika Anda tidak bisa melakukannya terus menerus, biarkan otak Anda beristirahat dan seimbang. Meskipun ini tidak mudah, ada banyak cara untuk mengawali.

Misalnya Anda ingin mulai latihan yoga. Untuk itu, alokasikan tempat khusus untuk yoga, lalu tempatkan matras yoga Anda di sana. Jangan pernah memindahkan atau menyimpannya di tempat lain, kecuali Anda sudah punya mematuhi ritme jadwal latihan yoga.

Anda pun dapat mengatur pengingat harian dengan alarm. Ini berguna untuk menghindari lupa, karena umumnya kebiasaan baru mudah terlalaikan. Setiap tindakan yang Anda lakukan secara sadar dengan penuh perhatian akan langsung memperkuat otak Anda.

Aktifkan Pikiran dan Otot

Bersepeda, mengangkat beban, atau lari di atas treadmill. Melakukan aktivitas-aktivitas fisik tersebut dapat membantu Anda melatih mindfulness. Anda diharuskan bergerak dan mengatur napas sebagai upaya untuk mengaktifkan pikiran dan otot. Aktivitas ini tak cuma memperlancar aliran darah dan memperkuat sel-sel tubuh, tetapi juga dapat menyingkronkan pikiran, tubuh, dan sistem saraf.

Demikianlah praktik mindfulness untuk hidup lebih tenang yang bisa Anda lakukan sehari-hari. Bersikap tenang adalah cara terbaik membangun mindfulness yang juga dapat meningkatkan rasa empati kepada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest