Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Wajib Dipraktikkan

Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan selain kesehatan fisik. Pada era yang semakin berkembang seperti saat ini, banyak beban dan tuntutan yang tentunya dirasakan manusia. Hal itulah yang menjadi salah satu faktor menurunnya tingkat kesehatan mental. Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Untuk itu Anda dapat menyimak cara menjaga kesehatan mental berikut.

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui

1. Lakukan hobi 

Jika Anda mengalami depresi, atau merasa kesepian, sebaiknya jangan mengurung diri untuk tidak melakukan apapun. Hal tersebut tanpa disadari justru akan membuat diri Anda semakin terpuruk oleh pikiran-pikiran negatif. Anda boleh meluangkan waktu untuk diri sendiri sejenak agar pikiran tenang, namun jangan berlarut-larut. Coba ambil kesempatan untuk melakukan hal-hal yang disenangi seperti menyanyi, menari, olahraga, bermain game, dan lain sebagainya.

2. Istirahat yang cukup

Banyak orang yang kurang menyadari akan pentingnya istirahat yang cukup. Dalam sehari biasakan untuk tidur sekitar 7 jam, hal tersebut dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mental. Tidur yang kurang dapat mempengaruhi suasana hati, selain itu juga dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi. Inilah yang dapat mengarahkan Anda pada pikiran negatif dan depresi. 

3. Sempatkan diri untuk berolahraga

Bagi Anda yang sering mengesampingkan pentingnya olahraga, coba pikir kembali. Kondisi fisik yang sehat akan berbanding lurus dengan kondisi mental. Maka dari itu olahraga adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental Anda. Dengan olahraga, Anda akan merasa lebih bugar dan bahagia karena sekresi hormon yang lebih lancar. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa olahraga adalah wadah pelampiasan stres yang baik.

4. Ceritakan masalah yang Anda hadapi

Tak ada salahnya untuk menceritakan masalah yang Anda hadapi pada orang yang dipercaya. Dengan cara mengekspresikan emosi, stres yang dihadapi dapat berkurang sehingga lebih menjernihkan pikiran. Jika merasa bingung kepada siapa Anda dapat bercerita, tak perlu malu untuk mendatangi jasa konsultasi. Selain itu, Anda juga dapat mencurahkan emosi pada sebuah tulisan. Selain mengurangi stres, cara tersebut juga dapat membantu Anda mengevaluasi diri.

5. Hargai diri Anda

Meghargai diri sendiri adalah cara menjaga kesehatan mental yang sangat penting untuk dilakukan. Sempatkan waktu untuk berpikir bahwa diri Anda pantas untuk dihargai. Setiap orang berharga dan begitu pula Anda. Cintai diri Anda atas semua kekurangan dan kelebihan. Jangan membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain. Percaya bahwa setiap orang memiliki hal yang spesial dan pantas untuk dihargai.

6. Jaga pola makan

Menjaga pola makan yang sehat tidak hanya berguna untuk kesehatan fisik saja, melainkan juga mental. Dengan tercukupinya nutrisi, tubuh anda akan menjalankan fungsinya dengan baik sehingga akan berefek pada suasana hati dan pikiran. Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji dan perbanyak asupan buah dan sayur. Anda mungkin tidak merasakan pengaruhnya secara instan, namun pola makan ini akan membuat Anda lebih sehat baik dari segi fisik dan mental.

7. Bersyukur

Kebanyakan orang terlalu sibuk memandang dirinya secara negatif. Perasaan semacam ini tentunya akan mengarahkan pada kepercayaan diri yang rendah begitu pula dengan masalah mental lainnya. Perlu diketahui, bahwa salah satu cara menjaga kesehatan mental adalah selalu bersyukur. Coba mulai sekarang tuliskan beberapa hal yang patut disyukuri. Tulislah secara rutin setiap hari. Jika Anda merasa sedih, cobalah untuk membaca tulisan tersebut, maka suasana hati tentu akan membaik.

Itulah dia beberapa cara menjaga kesehatan mental yang perlu dipraktekkan. Menjaga kesehatan mental adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Maka jika Anda menemukan kejadian mengenai kondisi kesehatan mental yang memburuk dan parah, segera hubungi pihak profesional untuk penanganan yang lebih tepat.

Sumber :
https://m.bisnis.com/lifestyle/read/20200107/219/1187622/11-cara-menjaga-kesehatan-mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest