Ini Penyebab Pasangan Bisa Selingkuh

Selingkuh merupakan tindakan yang tidak baik. Hal ini dapat menyakiti hati pasangan yang diselingkuhi. Jika salah satu pasangan ada yang selingkuh, sangat sulit untuk mempertahankan hubungan yang lebih lama.

Saat ini lebih banyak terjadi perselingkuhan secara emosional. Ini lebih sulit diketahui pasangan. Namun terlihat beberapa tandanya yaitu jika anda menanyakan pasangan tentang hubungan dengan teman, pasangan akan marah, menghindar atau bersikap defensif. Ia akan mulai bersikap tertutup dan jarang bercerita apapun dengan anda.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Evolutionary Psychology memperlihatkan jika sebagian besar pria heteroseksual sangat membenci jika pasangannya berhubungan seksual dengan orang lain meskipun tidak mencintainya. Sedangkan wanita heteroseksual sangat membenci pasangannya yang jatuh cinta pada orang lain meskipun tidak melakukan hubungan seksual.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang bisa selingkuh. Berikut ini penjelasannya.

1. Sulit untuk berkomitmen

Beberapa orang berpikir bahwa menjalin hubungan tidak berarti hanya dengan satu orang saja. Seseorang yang memiliki banyak teman terutama lawan jenis dapat dengan mudah berganti – ganti pasangan dan menganggap semua hubungan tidak memiliki status.

2. Tidak puas secara emosional

Seseorang setelah menjalin hubungan cukup lama, mungkin bisa merasakan ketidak cocokan atau mulai bosan dengan pasangan. Dengan kata lain pasngan tidak sesuai dengan ekspektasi. Hal ini mengakibatkan seseorang mencari orang lain yang mempunyai sifat dan kebiasaan yang berbeda dari pasangan sebelumnya.

3. Pengalaman baru

Seseorang mungkin mencintai pasangannya namun ia juga menginginkan tantangan baru. Ia penasaran dan tertantang untuk memenangkan hati orang lain.

4. Kecanduan

Seseorang yang mempunyai gangguan dorongan seksual lebih rentan selingkuh. Ia menggunakan seksualitas untuk menstabilkan emosinya. Akibatnya ia juga akan ketagihan selingkuh.

5. Memiliki trauma

Pelecehan atau kekerasan seksual dimasa lalu dapat membuat orang suka selingkuh. Hal itu sebagai pelarian dari luka emosi dan psikologisnya.

6. Kurang percaya diri

Seseorang merasa ada yang kurang dalam dirinya sehingga ia ingin bergati – ganti pasangan. Perbuatan ini dilakukuan untuk membuktikan jika kekurangan yang dirasakan tidak benar sehingga ia menjadi lebih percaya diri.

Saat pasangan merasa dikhianati, ini bisa membuat kesehatan mental terganggu. Seseorang bisa kehilangan pekerjaan bahkan keluarganya.ia pasti akan merasa marah, kecewa dan depresi. Tidak menutup kemungkinan ia akan menyakiti dirinya sendiri atau melakukan bunuh diri.

Oleh karena itu, jagalah pasangan anda dengan baik. berkomunikasilah dengan pasangan jika terjadi suatu masalah atau perbedaan. Jika memang tidak memiliki titik temu, jangan berselingkuh tetapi berpisahlah secara baik – baik agar tidak ada dendam dan penyesalan di kemudian hari.

Sumber :
www.suara.com : https://www.suara.com/lifestyle/2019/08/01/201500/5-alasan-psikologis-pasangan-nekat-selingkuh-cegah-sebelum-terlambat
hellosehat.com : https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/alasan-berselingkuh-faktor-pemicu-selingkuh/
www.fimela.com : https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3776771/secara-psikologis-pria-bisa-selingkuh-karena-5-alasan-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest