Kenali Penyebab Umum Kelelahan Mental

Pernahkah Anda merasa tidak bersemangat lagi ketik melakukan pekerjaan, tidak peduli lagi dengan apa yang terjadi di sekeliling Anda serta merasa pesimis? Mungkin Anda tengah mengalami mental exhaustion atau kelelahan mental. Kondisi ini jika dibiarkan dapat berdampak pada keseharian termasuk pekerjaan sehingga merupakan masalah serius yang perlu segera diatasi.

Kelelahan mental dapat terjadi pada siapa saja, terutama mereka yang mengalami stres jangka panjang. Masalah ini dapat menyebabkan penderitanya merasa energi dan emosinya terkuras habis serta kewalahan. Akibatnya, segala tugas, pekerjaan dan masalah akan terlihat sangat sulit dan tidak mungkin dapat diselesaikan.

Kelelahan mental sering juga disebut dengan burnout. Kedua istilah ini sering kali dihubungkan dengan stress di tempat kerja, meskipun sebenarnya kondisi ini bisa muncul karena stres terus menerus dalam hidup, bukan hanya di pekerjaan. Pemicunya memang berbeda-beda di setiap individu, namun ada beberapa penyebab umum kelelahan mental, di antaranya:

  • Pekerjaan dengan tekanan tinggi, seperti mereka yang bekerja sebagai personil keadaan darurat, ataupun guru
  • Bekerja dengan jam-jam yang terlalu lama
  • Stres masalah keuangan dan kemiskinan
  • Rasa tidak puas dengan pekerjaan
  • Menjadi perawat anggota keluarga yang tengah sakit berat atau mulai tua
  • Hidup dengan penyakit kronis
  • Meninggalnya orang terdekat
  • Memiliki bayi
  • Pekerjaan dan hidup yang tidak seimbang
  • Kurangnya dukungan sosial

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan mengatasi masalah kelelahan mental. Mulai dari perubahan pola hidup dengan cara menghilangkan penyebab stres tersebut, mengambil jeda sejenak untuk diri sendiri, hingga meminta bantuan tenaga ahli jika masalah memberat hingga Anda tidak dapat menjalani rutinitas harian dengan baik atau sampai mengganggu pekerjaan dan hidup Anda.

Dokter bisa menganjurkan Anda untuk ikut sesi terapi, atau memberikan obat yang dapat membantu mengatasi gejala yang muncul. Itulah mengapa menari bantuan profesional dunia kesehatan seperti seorang terapis bisa sangat membantu di masa-masa sulit tersebut.

Kelelahan mental bukanlah kondisi yang tidak dapat diatasi, namun Anda perlu mengetahui lebih dahulu apa penyebabnya. Menemukan cara yang tepat untuk mengatasi kelelahan mental merupakan hal penting agar penderitanya dapat kembali hidup menjalani hari seperti biasa kembali.

Untuk mengetahui gejala dan tanda-tanda kelelahan mental, klik di sini.

Sumber: https://www.healthline.com/health/mental-exhaustion#treatment-and-coping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest