Kenali Penyebab Anak Menjadi Pendiam, Orang Tua Wajib Tahu!

Setiap anak pasti memiliki kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, salah satunya adalah anak yang memiliki sifat pendiam. Sifat anak yang pendiam tersebut bukanlah selalu gangguan kesehatan mental, sehingga anda tidak perlu terlalu merisaukannya. Namun, orang tua perlu waspada ketika anak memiliki sifat yang tertutup dan menghindari interaksi sosial. Sebagai orang tua, anda perlu mengetahui dan mencari tahu penyebabnya.

Beberapa Alasan Yang Menyebabkan Anak Menjadi Pendiam
1. Mengalami Trauma Psikis

Hal pertama yang bisa menyebabkan anak menjadi sosok yang pendiam adalah karena adanya trauma psikis. Akibat adanya kejadian yang mengguncang pikiran si kecil maupun tindakan orang lain yang menyakitkan, tentu saja dapat menjadi salah satu faktor yang bisa mengubah kepribadian anak. Sebagai orang tua, anda wajib untuk memperlakukan anak dengan baik, terutama ketika ia masih kecil.

Anak yang sering kali dimarahi oleh orang tua, cenderung menjadi pribadi yang tertutup. Hal ini tentu saja dapat menjadi salah satu penyebab gangguan kesehatan mental. Akibatnya anak menjadi stres dan memiliki sifat enggan untuk berkumpul dan berkomunikasi dengan banyak orang. Si kecil akan sulit bersosialisasi karena takut berbuat kesalahan dan akan menimbulkan rasa tidak percaya diri didalam pikirannya.

2. Memiliki Sifat yang Introvert

Selain itu, alasan lain yang membuat si kecil menjadi sosok yang pendiam adalah memiliki kepribadian yang introvert. Pada umumnya, anak yang memiliki kepribadian tersebut akan memiliki sifat yang merasa mudah lelah setelah melakukan banyak interaksi dengan banyak orang. Seorang introvert akan membutuhkan waktu untuk sendiri guna mengisi kembali energi untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Kepribadian yang introvert ini bukanlah sebuah gangguan kesehatan mental maupun kelainan dalam fungsi sosial bagi anak kecil. Oleh karena itu sebagai orang tua, anda tidak boleh berpikiran bahwa anak yang introvert tidak memiliki teman. Melainkan anak dengan kepribadian ini biasanya hanya menjalin hubungan dengan beberapa teman yang pas dan cocok saja dengannya.

3. Memiliki Sifat Pemalu

Anak yang cenderung pendiam biasanya akan memiliki sifat yang pemalu. Sifat ini merupakan salah satu sikap yang memang telah dimiliki sejak kecil. Hal ini dapat terlihat ketika ia menjadi pendiam jika bertemu dengan orang asing maupun orang yang baru saja ditemui. Si kecil biasanya memiliki waktu yang lebih lama untuk berinteraksi dengan orang baru tersebut. Anda dapat melatihnya dengan cara sering mengajaknya bermain dengan teman sebayanya. Berilah dia pujian karena bisa mengatasi rasa takutnya dalam berinteraksi dengan orang lain.

Bagi orang tua yang memiliki anak dengan kepribadian pendiam, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa sifat tersebut bisa muncul. Setelah anda mengetahui dan memahami hal yang membuat anak menjadi pendiam, maka anda akan lebih lega dan dapat menyikapi sifat pendiam anak dengan tepat.

Sumber :
www.alodokter.com : https://www.alodokter.com/bunda-yuk-ketahui-alasan-mengapa-anak-pendiam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest