Simak Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli Berikut Ini



Psikologi secara luas dikenal sebagai ilmu yang membahas terkait tingkah laku atau perilaku manusia. Pada dasarnya istilah ini terdiri dari 2 kata dalam bahasa latin yaitu ‘psyche’ yang berarti jiwa dan ‘logos’ yang berarti pengetahuan. Maka dari itu ilmu satu ini tak lepas dari bahasan mengenai kejiwaan seseorang. Untuk mengetahui secara lebih lanjut, simak ulasan mengenai pengertian psikologi menurut ahli berikut:

Ketahui Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli Berikut

1. Wilhelm Wundt (1829)

Wilhelm Wundt menyatakan bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengalaman yang timbul pada diri seorang manusia. Pengalaman yang dialami tersebut dapat berupa pikiran, perasaan, kehendak, dan juga yang berkaitan dengan panca indra.

2. John Locke

Sedangkan John Locke berpendapat bahwa psikologi adalah semua tanggapan, pengetahuan, serta perasaan jiwa manusia. Hal tersebut diperoleh karena adanya pengalaman yang didapatkan manusia dan berasal dari panca indra.



3. Plato dan Aristoteles

Plato dan Aristoteles berpendapat bahwa psikologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai hakikat jiwa serta proses di dalamnya.

4. Kurt Koffka (1925)

Sedangkan Kurt Koffka memiliki pAndangan bahwa psikologi merupakan studi ilmiah tentang perilaku makhluk hidup serta hubungannya dengan dunia luar.

5. Rene Descartes

Rene Descartes beranggapan bahwa psikologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan gejala pemikiran dan kesadaran manusia.

6. Crow & Crow

Menurut Crow & Crow, psikologi merupakan tingkah laku manusia. Lebih tepatnya mengenai  interaksi manusia dengan dunia disekitarnya. Dunia yang dimaksud dapat berupa manusia lain ataupun kebudayaan, iklim, dan juga lain sebagainya.

7. Chaplin (1972)

Pengertian psikologi selanjutnya berasal dari Chaplin, ia menyatakan dalam Dictionary of Psychology bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan tentang manusia dan hewan, serta penyelidikan terhadap organisme kompleks dalam bereaksi terhadap peristiwa yang dapat merubah lingkungan.

8. George Millter dan Kenneth Clark

Kedua tokoh ini berpendapat bahwa psikologi adalah studi ilmiah yang berkaitan dengan perilaku. Berbagai perilaku dapat bersifat dapat diamati seperti cara berbicara, gerak tangan, dan gestur tubuh lainnya.

9. Richard Mayer

Richard Mayer menyatakan bahwa psikologi adalah analisis mengenai proses mental serta struktur daya ingat untuk memahami tentang perilaku manusia.



10. Knight

Pendapat ahli berikutnya berasal dari Knight yang menyatakan psikologi sebagai ilmu yang secara sistematis mempelajari tentang tingkah laku dan pengalaman yang dialami. 

11. Garden Murphy

Garden Murphy berpendapat bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari respon makhluk hidup terhadap lingkungannya.

12. Bruno (1987)

Bruno menyatakan bahwa pengertian psikologi dapat berupa 3 bagian. Yang pertama, psikologi merupakan ilmu pengetahuan mengenai ‘roh’. Kedua, psikologi merupakan ilmu mengenai ‘kehidupan mental’. Terakhir, psikologi sebagai pengetahuan tentang ‘tingkah laku’.

Itulah beberapa pengertian psikologi menurut para ahli. Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa psikologi singkatnya adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku manusia. Demikian informasi yang diberikan, semoga dapat bermanfaat dan memperluas wawasan Anda mengenai psikologi.

Sumber:

https://www.zonareferensi.com/pengertian-psikologi/

https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-psikologi-menurut-para-ahli/



https://www.pelajaran.co.id/2016/02/pengertian-psikologi-menurut-para-ahli-lengkap.html

One thought on “Simak Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli Berikut Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest