Apa Itu Psikosomatis? Cari Tahu Gejalanya Disini!

Stres merupakan salah satu gangguan mental yang kerap kali terjadi pada setiap individu. Namun, jika anda terlalu sering membiarkan stres maka hal tersebut nantinya akan bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya atau bisa juga menimbulkan penyakit yang memiliki istilah psikologi yakni psikosomatis. Untuk anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai hal satu ini dan juga gejalanya, maka anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Psikosomatis
1. Apa Itu Psikosomatis?

Gangguan kesehatan ini merupakan salah satu penyakit yang melibatkan tubuh dan juga pikiran. Psikosomatis sendiri terdiri dari dua kata yang berarti psyche atau pikiran dan juga soma yang berarti tubuh. Jika mengidap penyakit ini, maka segala bentuk pikiran dapat mempengaruhi kondisi tubuh sehingga hal ini akan bisa menimbulkan keluhan penyakit pada tubuh yang cukup parah.

Untuk itu, psikosomatis sendiri dapat diartikan sebagai keluhan fisik yang terjadi diduga akibat faktor mental atau psikis. Faktor tersebut bisa saja terjadi akibat cemas dan juga stres. Dalam psikologi, psikosomatis ini merupakan sebuah kondisi yang bisa menyebabkan masalah dan juga rasa sakit di dalam fungsi tubuh. Meskipun nantinya tidak akan ditemukan kelainan ketika penderita menjalankan pemeriksaan fisik.

2. Bagaimana Tanda Dan Gejala Dari Penyakit Psikosomatis?

Bagi yang menderita penyakit satu ini akan ditemukan gejala yang berbeda-beda pada setiap individu. Selain itu, gejala tersebut juga dapat berubah-ubah. Hal ini dapat disebabkan oleh kondisi yang berbeda-beda pada setiap penderita. Adapun gejala yang sering kali dirasakan oleh pengidap penyakit ini adalah sesak napas. Selain itu penderita juga merasa mengalami jantung yang berdebar-debar.

Tidak hanya itu saja, penderita juga akan mengalami kondisi seperti lemas dan tidak mampu untuk menggerakkan anggota tubuhnya sama sekali. Susah tidur dan tidak memiliki nafsu makan juga kerap kali dirasakan oleh penderita dari penyakit satu ini. Hal lainnya adalah pasien akan mengalami rasa nyeri di berbagai bagian. Mulai dari nyeri ulu hati, nyeri kepala atau bahkan nyeri pada seluruh tubuhnya.

3. Cara Mengatasi Psikosomatis

Ketika pasien menderita penyakit yang memiliki istilah psikologi yakni psikosomatis ini maka hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan beberapa model terapi. Diantaranya adalah dengan melakukan terapi perilaku kognitif. Selain itu, bisa juga dengan bermeditasi atau latihan relaksasi. Melakukan teknik pengalihan dan hipnoterapi juga bisa dilakukan untuk meringankan penyakit satu ini.

Keluhan dari penyakit ini sering kali akan menimbulkan permasalahan bagi penderita, meskipun sekilas seperti tidak terjadi apa apa. Gangguan penyakit psikosomatis merupakan salah satu hal yang perlu ditangani oleh psikolog atau psikiater. Biasanya penanganan dari penyakit ini adalah dengan melakukan terapi yang juga didukung dengan penggunaan obat-obatan medis.

Sumber :
www.alodokter.com : https://www.alodokter.com/gangguan-psikosomatis-ketika-pikiran-menyebabkan-penyakit-fisik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest