Tanda-tanda Pasangan Anda adalah Seorang Narsistik

Memiliki rasa percaya diri tinggi jelas berbeda dengan masalah gangguan kepribadian narsistik. Sering kali seseorang yang sering memajang foto selfie di sosial media mereka atau banyak bicara tentang diri sendiri bahkan sejak kencan pertama akan dianggap sebagai seorang narsistik. Padahal, seorang narsistik yang sesungguhnya adalah mereka yang memiliki masalah narcissistic personality disorder atau gangguan kepribadian narsistik.

Mereka dengan masalah ini biasanya memiliki perasaan berlebih-lebihan bahwa dirinya penting, kebutuhan mendalam akan perhatian yang berlebih dan hasrat yang besar untuk selalu dikagumi, kurang empati terhadap orang lain, serta sering kali memiliki masalah dalam menjalin hubungan. Untuk mencari tahu bagaimana seseorang dapat dikategorikan sebagai seorang narsistik, cari tahu kriterianya di sini.

Menjalin hubungan dengan seorang narsistik bisa sangat melelahkan, namun tidak banyak yang tahu tanda-tanda mereka yang punya potensi sebagai seorang narsistik.

Awalnya mereka sangat perhatian

Pada tahap awal berhubungan, mereka akan rajin menghubungi atau sering mengucapkan kata-kata manis. Biasanya mereka akan mengatakan betapa cerdas Anda atau bagaimana kalian sangat cocok bahkan meski belum lama kenal. Seorang narsistik biasanya akan membuat koneksi yang terkesan palsu pada tahap awal mereka menjalin hubungan.

Mendominasi percakapan dan bicara tentang betapa hebat mereka

Seorang narsistik suka bicara tentang pencapaian mereka sendiri dengan berlebih-lebihan karena mereka merasa lebih baik dan lebih cerdas dari orang lain. Cara ini membantu mereka merasa yakin tentang ‘kehebatan’ diri sendiri. Selain itu, mereka juga terlalu sibuk membicarakan diri sendiri sehingga tidak akan mendengarkan Anda, atau tidak lagi antusias ketika membicarakan tentang diri Anda.

Haus pujian dari Anda

Di permukaan, seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik terlihat sangat percaya diri, namun mereka sebenarnya justru rendah diri dan haus akan pujian. Jika Anda tidak memuji mereka, mereka akan memancing-mancing Anda untuk mengeluarkan pujian.

Kurang rasa empati

Seorang narsistik kekurangan kemampuan untuk merasakan bagaimana perasaan orang lain atau kurang empati. Hal ini terlihat dari bagaimana ia tidak peduli jika Anda mengalami hari yang buruk, atau merasa bosan ketika Anda mengungkapkan hal-hal yang membuat Anda marah atau sedih.

Tidak punya banyak teman yang bertahan lama

Kebanyakan orang narsistik tidak memiliki teman dekat atau yang bertahan lama. Sering kali lingkaran pertemanan mereka hanyalah kenalan kasual, kenalan yang sering mereka olok-olok, atau bahkan musuh. Akibatnya, mereka akan marah ketika pasangannya hang out atau bergaul dengan orang lain.

Mengejek Anda

Awalnya mungkin terlihat seperti mereka sedang bercanda saja, tapi lama-kelamaan candaan tersebut terasa semakin jahat atau semakin sering. Tiba-tiba, setiap hal yang Anda lakukan, sekecil apapn itu, menjadi sumber kritikan mereka. Hal ini dilakukan untuk menurunkan kepercayaan diri Anda dan meningkatkan kepercayaan diri mereka sendiri. Seorang narsistik suka dengan reaksi yang dihasilkan dari ejekan mereka, karena hal itu menunjukkan bahwa mereka punya kuasa untuk memengaruhi kondisi emosi orang lain.

Merasa selalu benar dan anti-minta maaf

Bertengkar dengan seorang narsistik akan terasa sangat melelahkan karena mereka selalu merasa benar. Parahnya, mereka tidak melihat pertengkaran tersebut sebagai suatu perbedaan pendapat, tapi malah merasa bahwa mereka sedang mengajari Anda suatu hal yang ‘benar’. Mereka tidak akan berkompromi dalam suatu argumen dan tidak akan pernah minta maaf.

Jika Anda menjalin hubungan dengan seorang narsistik, bisa jadi Anda sudah mengalami begitu banyak hal yang melelahkan. Meski demikian, tanda-tanda di atas tidak bisa menjadi satu-satunya bukti bahwa pasangan Anda memiliki gangguan kepribadian narsistik. Cara untuk mengetahuinya dengan pasti adalah melalui diagnosa medis.

Sumber: https://www.healthline.com/health/mental-health/am-i-dating-a-narcissist#15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest