Jangan Mau Kalah, Hadapi Orang yang Close Minded Dengan Cara Ini

Close minded ialah pola pikir tertutup yang menjadikan seseorang menolak segala informasi, ide atau pendapat orang lain. Orang tersebut akan merasa bahwa dirinya paling pintar dan benar. Pada umumnya orang dengan pemikiran close minded mempunyai interaksi sosial yang kurang baik.

Seseorang dengan pemikiran tertutup akan menolak segala kritikan dan masukan orang lain. Hal ini yang membuat orang dengan pemikiran tersebut tidak disenangi banyak orang serta sukar untuk berkembang.

Seseorang dengan pemikiran tertutup memang berdampak buruk bagi hubungan sosial seseorang. Namun, pola pikir ini juga memiliki sisi positif.

Sisi positif pola pikir close minded

Terhindar dari pengaruh buruk

Kritik dan saran dari orang lain tidak semua benar dan harus diikuti. Orang dengan pola pikir close minded mempunyai pendirian yang kuat sehingga tidak mudah terpengaruh dengan kritik dan saran yang bersifat negatif.

Jangan Lewatkan:  Simak Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli Berikut Ini

Pendirian kuat

Seseorang dengan pola pikir tertutup memiliki pendirian yang kuat. Hal itu akan membuatnya tidak terpengaruh dengan ide atau masukan buruk saat mengambil keputusan.

Melakukan sesuatu sesuai keinginan

Kritik dan saran dari orang lain sering membuat Anda melakukan sesuatu yang berbeda dengan keinginan. Pola pikir ini membuat Anda melakukan sesuatu sesuai keinginan tanpa tekanan dari orang atau pihak tertentu.

Meskipun ada sisi positifnya, pola pikir close minded lebih baik digunakan pada saat yang tepat. Misalnya ketika seseorang melontarkan kritik yang menjatuhkan. Lebih baik tidak perlu memikirkan dan mempedulikannya. Tetap pada pendirian Anda.

Close minded, pemikiran, pola pikir, tertutup, kecemasan, ketakutan, perbedaan, ide, gagasan, pendapat, hubungan, sosial, interaksi, kritik, saran, open minded, terbuka, adalah, ialah, cara, artinya
dok: telegrafi.com

Mulailah membangun pemikiran open minded

Memang pola pikir close minded memiliki sisi positif. Namun cobalah untuk mengubahnya menjadi lebih terbuka karena banyak dampak positif yang akan didapat.

Jangan Lewatkan:  Ini Alasan Kenapa Orang Optimis Berumur Lebih Panjang daripada yang Pesimis

Pola pikir terbuka atau open minded membuat pengetahuan Anda semakin luas karena menerima banyak gagasan dan informasi dari orang lain. Selain itu Anda akan semakin berkembang dan menjadi individu yang lebih baik karena mendapat kritik dan saran. 

Namun Anda tidak serta merta menerima informasi, opini, kritik dan saran dari orang lain. Anda harus dapat memilah mana yang bisa berdampak positif dan negatif untuk diri sendiri.

Cara berhubungan dengan orang close minded

Mungkin Anda akan sedikit bingung bagaimana cara berinteraksi dengan seseorang berpola pikir tertutup. Berikut ini kiat yang bisa dilakukan.

Dilarang meminta pendapat

Jangan meminta pendapat pada orang close minded. Ia akan memberikan pendapat sesuai dengan pemikirannya sendiri. Hal ini tentu akan memicu perdebatan antara Anda dan orang tersebut. Jika pendapatnya tidak diikuti maka Anda akan disalahkan dan bisa membuat hubungan renggang.

Jangan Lewatkan:  Hubungan Makin Langgeng Lewat Komunikasi Bahasa Tubuh

Jangan membicarakan privasi dengan orang close minded

Jangan berbicara sesuatu yang bersifat privasi. Hal itu dapat membuat orang close minded banyak mengkritik serta menghakimi Anda.

Merespon dengan cara yang baik

Berbicara dengan orang close minded akan menimbulkan perdebatan. Oleh karena itu, responlah dengan cara yang baik. Pola pikir close minded sebenarnya berawal dari rasa kecemasan dan ketakutan berlebihan. Mereka juga sering menghakimi orang lain akibat adanya penolakan dan perbedaan.

—-

Close minded ialah pola pikir tertutup yang menjadikan seseorang menolak segala informasi, ide atau pendapat orang lain. Meskipun memiliki sisi positif, cobalah untuk lebih terbuka dalam berpikir supaya diri Anda bisa menerima perbedaan, lebih berkembang, serta wawasan bertambah.

[Source]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest