Langkah yang Perlu Diambil untuk Mengatasi Kelelahan Mental

Meski sering dikaitkan dengan pekerjaan, kelelahan mental sebenarnya dapat terjadi karena berbagai aspek hidup lainnya dan penyebabnya juga beragam. Kondisi ini bukanlah perkara sepele yang dapat hilang begitu saja. Terlebih lagi jika dibiarkan, maka masalah ini dapat mengganggu keseharian dan menurunkan kinerja penderitanya.

Perubahan gaya hidup serta beberapa teknik tertentu dapat membantu meringankan stres berkepanjangan yang memicu gangguan ini. Berikut beberapa langkah yang akan membantu meringankan gejala mental exhaustion atau kelelahan mental.

  • Menjauhi sumber stres

Menjauhi sumber stres adalah cara terbaik mengurangi gejela yang memicu kelelahan mental, meskipun sebenarnya menghilangkan sumber stres tidak selalu bisa dilakukan. Misalnya, jika Anda kewalahan dengan pekerjaan rumah, cobalah mencari bantuan untuk meringankan beban atau bagi tugas dengan anggota keluarga yang lain.

  • Istirahat sejenak

Istirahat diperlukan untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran. Hal ini merupakan bagian penting untuk mengurangi kelelahan mental. Anda bisa beristirahat dengan liburan, mengosongkan jadwal pekerjaan selama beberapa hari, atau sekadar meluangkan sedikit waktu untuk diri sendiri setiap hari.

  • Olahraga

Olahraga perlu motivasi, dan mereka yang mengalami kelelahan mental sering kali tidak memiliki motivasi ataupun energi untuk berolahraga. Anda mungkin perlu memaksa diri sendiri, tapi ketahuilah bahwa olaharga terbukti punya banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Tidak harus olahraga berat, jalan-jalan disekitar kompleks rumah atau olahraga ringan lainnya sudah cukup membantu. Dengan berolahraga, tingkat stress akan berkurang, begitu juga dengan kecemasan Anda. Selain itu, mood atau suasana hati akan membaik serta memperkuat sistem imun tubuh.

  • Lakukan teknik relaksasi

Teknik relaksasi diketahui mampu menurunkan stres dan rasa cemas. Beberapa contoh kegiatan relaksasi yang dapat dilakukan antara lain adalah yoga, tai chi, latihan pernapasan dalam, pijat, serta pemakaian aromaterapi.

  • Pastikan Anda cukup tidur

Pastikan Anda tidur delapan jam setiap malam. Tidur yang cukup sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan mental Anda. Usahakan tidak berada di sekitar tempat tidur atau terlalu banyak rebahan di siang hari agar pada malam harinya Anda bisa tidur dengan lebih baik dan nyenyak.

  • Tulis jurnal yang berisi rasa syukur Anda

Menulis hal-hal baik yang terjadi pada diri membantu lebih fokus pada kejadian positif dalam hidup Anda. Hal ini penting dilakukan karena pikiran dan perasaan negatif sering kali terasa menggerogoti terutama jika mengalami kelelahan mental.

Menulis hal positif yang Anda syukuri tidak hanya membantu mengurangi stress, namun juga meningkatkan rasa bahagia, tidur yang lebih baik, rasa kepuasan terhadap hubungan yang lebih tinggi, serta banyak manfaat positif lainnya.

  • Pengobatan medis

Penting untuk mencari bantuan tenaga medis profesional ketika Anda mengalami kelelahan mental. Seorang ahli medis akan memberikan terapi ataupun obat yang dapat membantu mengurangi gejala kelelahan mental yang timbul serta membimbing Anda melewati masa-masa sulit tersebut dengan lebih baik dan terarah.

Meski sering dianggap sebagai gejala stress biasa atau masalah yang timbul akibat pekerjaan, kelelahan mental sebenarnya dapat terjadi karena banyak hal dan membutuhkan penanganan khusus. Oleh karena itu, jangan ragu untuk meminta bantuan seorang dokter kesehatan mental jika Anda mengalami gejala yang mengarah pada kelelahan mental.

Sumber: https://www.healthline.com/health/mental-exhaustion#treatment-and-coping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest