Manfaat Refleksi Diri untuk Kesuksesan & Kebahagiaan di Masa Depan

Apa manfaat refleksi diri? Seseorang sering bertindak gegabah dalam melakukan sesuatu. Banyak tindakan yang dilakukan tanpa memikirkan dampak yang terjadi di masa depan. Akibatnya jika tujuan yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan maka yang tersisa hanyalah sebuah penyesalan.

Sebelum Anda  berjalan maju untuk meraih kesuksesan, lebih baik sisihkan waktu sesaat untuk melakukan refleksi diri, mengulas kembali hal pemikiran dan perilaku Anda selama ini. Bagi beberapa orang, refleksi diri merupakan hal yang tidak penting dan hanya membuang waktu. Namun jika paham dengan manfaatnya maka mungkin hal ini yang seharusnya diprioritaskan untuk dilakukan oleh semua orang.

Refleksi diri berkaitan dengan instropeksi, evaluasi , dan menilai diri. Mari simak ulasan refleksi diri berikut ini.

Pengertian Refleksi Diri

Refleksi diri adalah merenungkan dan mengevaluasi segala tindakan yang dilakukan selama menjalani hidup pada masa lalu agar dapat memperbaikinya di masa depan. Dalam proses refleksi diri Anda akan meneliti lebih jauh ke dalam untuk mencari tahu apa kelebihan dan kekurangan diri Anda.

Hal paling utama dalam melakukan refleksi diri ialah merenungkan tentang siapa dan apa keinginan Anda. Selain itu tanyakan pada diri sendiri tentang apa yang disukai, minat, bakat, keterampilan, dan sesuatu yang membuat diri bersemangat dan termotivasi.

Bagaimana Menerapkannya?

Anda harus meluangkan waktu sejenak untuk melakukannya. Tenangkan pikiran Anda terlebih dahulu, salah satunya dengan mengambil napas sedalam-dalamnya kemudian hembuskan secara perlahan. Lakukan hingga Anda merasa cukup tenang. Setelah itu fokuslah mengingat-ingat momen yang terjadi belakangan ini, serta apa yang Anda pikirkan Anda tentang hal itu.

Cari tahu alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan mengapa Anda berpikir atau berperilaku seperti saat itu. Dengan merenungkannya Anda bisa mengambil pelajaran dari momen yang terjadi, sehingga bisa mengetahui cara bersikap lebih baik dari sebelumnya. Lebih jauh, memperbaiki diri Anda untuk kehidupan pada masa mendatang.

Selama melakukan refleksi diri, Anda harus jujur dengan apa yang dirasakan. Anda harus menyadari kemampuan dan kelemahan diri dalam menghadapi suatu hal.

Saat Anda berada pada situasi yang sama dengan masa lalu, refleksi diri membantu untuk menentukan kebiasaan yang efektif dilakukan dan kebiasaan yang harus dihindari. Jika kebiasaan yang dilakukan menjadi penyebab terjadinya hal buruk, maka Anda harus mengubah kebiasaan tersebut agar berdampak baik kedepannya.

Jika suatu saat Anda menyerah dengan suatu keadaan, Anda bisa mengingat perubahan perubahan yang dilakukan selama proses refleksi diri.

Manfaat Refleksi Diri

Refleksi diri merupakan sarana untuk mengenal dan memahami kepribadian dan pemikiran seseorang. Banyak manfaat yang didapatkan ketika Anda melakukan refleksi diri diantaranya yaitu :

1. Anda akan semakin dalam memahami diri sendiri yang berguna untuk kesuksesan dimasa depan.

2. Kesadaran dan kepercayaan diri Anda akan semakin meningkat. Selain itu juga terjadi perbaikan diri dari segi pemikiran dan tindakan.

3. Anda akan membuat keputusan menjadi lebih baik.

4. Anda dapat membedakan hal-hal yang positif atau negatif dari diri sendiri atau lingkungan sekitar. Seperti kebiasaan, teman, keluarga, rekan kerja, atau pasangan yang menjadi sumber pengaruh dalam kehidupan Anda.

5. Refleksi diri akan menghindarkan Anda dari rasa cemas dan takut berlebihan.

6. Refleksi diri akan mengubah pola pikir anda dengan sudut pandang yang berbeda.

Anda harus mengetahui bahwa arti kebahagian dan kesuksesan bagi setiap orang berbeda-beda. Refleksi diri akan memberikan penjelasan tentang arti kebahagian dan kesuksesan sesuai dengan diri Anda.

Sumber :
https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/refleksi-diri/

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/kiat-refleksi-diri-untuk-sukses-dan-kebahagiaan

https://www.inirumahpintar.com/2016/10/pengertian-cara-dan-manfaat-refleksi-diri.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest