Mampu Redakan Stres, Ini Manfaat Psikologi Menulis Buku Harian

Untuk anda yang memiliki hobi menulis, maka menulis buku harian merupakan hal yang disarankan. Pasalnya dengan mencurahkan isi hati dan pikiran yang tengah dirasakan, maka hal tersebut bisa menghindarkan dari gangguan kesehatan mental, seperti stres misalnya.

Apalagi saat karantina akibat pandemi virus corona yang sedang terjadi. Seseorang akan mudah merasa bosan dan mengalami stres. Untuk itu, bagi anda yang mulai merasa bosan dan stres, tidak ada salahnya untuk menuangkan perasaan atau isi hati dengan menuliskannya ke dalam buku harian. Simak ulasan manfaatnya berikut ini.

Berbagai Manfaat Yang Perlu Anda Tahu Ketika Menulis Buku Harian

1. Mampu Untuk Mengenal Diri Sendiri

Ketika anda sering mencurahkan perasaan dengan menggunakan buku harian, maka akan bisa mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Dengan menuliskannya kedalam buku harian, maka anda menjadi tahu tentang berbagai macam aktifitas yang sedang dijalani setiap hari.

Dengan memiliki kebiasaan menulis buku harian, maka anda bisa lebih mengetahui tentang hal yang disukai. Anda menjadi lebih tahu tentang tujuan hidup anda. Selain itu juga anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

2. Mampu Untuk Meredakan Stres

Saat sedang mengalami stres, anda bisa mencurahkan perasaan yang sedang dihadapi dengan menuliskannya ke dalam buku harian tentang segala bentuk kecemasan dan kegelisahan, serta hal yang membuat stres. Menuangkan perasaan kedalam buku harian ini dapat memperbaiki kondisi mental dan mood anda.

Ketika anda sedang mengalami perasaan tertekan atau stres, anda bisa membaca buku harian dan mengingat kembali momen bahagia yang pernah terjadi di dalam hidup. Hal ini dapat membuat anda lebih semangat dan termotivasi untuk menghadapi masalah yang mengakibatkan ganggguan mental.

Selain beberapa hal diatas ternyata menulis buku harian juga dapat meningkatkan daya ingat. Hal itu karena menulis buku harian membantu mengingat setiap detail momen yang dialami seperti lokasi dan waktu kejadian.

Ketika anda rutin melakukan kegiatan tersebut maka akan membuat pikiran menjadi rileks. Hal ini juga akan menghindarkan dari terkena gangguan kesehatan mental yang bisa berakibat membahayakan kesehatan diri sendiri. Anda bisa mengurangi beban pikiran yang membuat stres dan cemas. Nantinya suasana hati anda pun berangsur-angsur menjadi lebih baik.

Setelah membiasakan diri menulis buku harian, anda akan dapat menyelesaikan masalah dengan baik kedepannya. Dengan mencurahkan segala isi hati kedalam buku harian, maka anda akan lebih mudah mengenali hal yang menjadi pemicu maupun penyebab masalah yang menghampiri hidup. Pada akhirnya anda akan bisa menghadapi dan menemukan jalan keluar dari masalah tersebut.

Sumber :
grid.id : https://cewekbanget.grid.id/read/062116750/redakan-stres-4-manfaat-lain-bisa-didapat-dari-kebiasaan-menulis-buku-harian?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest