Rasakan Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental

Berolahraga merupakan kegiatan untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan membuat tubuh lebih sehat. Dibalik manfaatnya bagi tubuh, ternyata berolahraga secara teratur juga berdampak bagi mental seseorang. Menurut penelitian beberapa tahun silam, seseorang yang melakukan olahraga akan membawa dampak positif bagi kesehatan mentalnya. Apa saja manfaat dari olahraga bagi kesehatan ? simak ulasan berikut.

1. Meningkatkan Tingkat Konsentrasi

Siapa yang menyangka bawa, berolahraga ternyata berdampak baik untuk mental seseorang. Dengan melakukannya dengan teratur, merupakan kunci untuk meningkatkan konsentrasi seseorang agar tetap tajam ketika dimakan usia. Dengan tingkat konsentrasi yang baik, daya berfikir kritis dan penilaian seseroang akan tetap baik seperti sedia kala. Tidak mengherankan jika seseorang yang senang berolahraga mampu berkonsentrasi lebih baik daripada yang tidak.

2. Mampu Meningkatkan Mood

Apakah anda memiliki hobi berolahraga dalam bidang tertentu ? sadarkah jika usai melakukan aktifitas fisik tersebut, mampu memicu zat kimia yang ada di otak untuk menghasilkan suasana hati yang bahagia. Tidak hanya kebahagiaan yang diterima, sebab orang tersebut akan merasakan tubuhnya lebih rileks dengan otot  yang tidak tegang. Untuk melakukan olahraga, bisa dilakukan secara tim yang mampu meningkatkan kesehatan mental anda.

3. Memperbaiki Kebiasaan Tidur

Setelah lelah berolahraga, saatnya kita membicarakan tingkat kualitas tidur. Semakin banyak aktifitas fisik yang dilakukan, tubuh tentu memerlukan waktu lebih untuk mengistirahat segala organ dan otot mereka. Ketika seseorang melakukan olahraga rutin, maka kualitas tidur akan semakin meningkat. Asalkan dilakukan dengan tidak berlebihan, bisa membantumu mendapatkan tidur berkualitas.

4. Mempertahankan Berat Badan

Menurut dari para ahli di bidangnya, rutin berolahraga ternyata baik untuk kesehatan tubuh dalam menjaga berat badan. Cukup dengan membiasakan berolahraga ringan seperti bersepeda santai maupun berlari ringan, mampu membakar kalori dan membangun masa otot lebih baik. Olahraga rutin juga menghindarkan anda dari penyakit seperti diabetes, kolesterol, dan hipertensi.

5. Mengurangi Stres

Jika rasa stres dan depresi hinggap setelah melakukan kegiatan seharian, anda perlu melakukan olahraga. Kegiatan olahraga dapat merangsang hormon endorfin yang membuat seseorang memiliki mood yang lebih baik. Secara otomatis tingkat stres dan depresi pun akan berkurang.

Berolahraga bukanlah kegiatan yang membuat anda lelah dan menyusahkan. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang perlu dilakukan manusia agar semua otot dalam tubuh tetap berfungsi dengan baik. Selain itu olahraga juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Semakin jarang seseorang berolahraga, otot akan tegang dan kaku serta mudah mengalami stres yang menyebabkan penyakit senang bersarang di dalam tubuh anda.

Sumber:
www.pikiran-rakyat.com: 7 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest