Hobi Bernyanyi? Kenali Manfaatnya Untuk Kesehatan Mental

Menyanyi merupakan salah satu hal yang menyenangkan dan sering kali dilakukan oleh banyak orang. Tahukah anda bahwa dengan bernyanyi ternyata juga dapat menjadi salah satu cara untuk melepas stres? Tak hanya itu saja, ternyata dengan bernyanyi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental anda. Apa saja manfaatnya? Anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Manfaat Yang Anda Peroleh Dengan Bernyanyi Untuk Kondisi Mental

1. Dapat Mengurangi Gejala Baby Blues

Dengan mendengarkan lagu ternyata mampu membantu sang ibu yang baru melahirkan untuk mencurahkan emosi dan perasaannya. Hal ini tentunya dapat membuat sang ibu bisa mengekspresikan dirinya dan menjadi lebih tenang. Dengan bernyanyi dan menyenandungkan lagu kepada si kecil, maka hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi gejala baby blues.

2. Dapat Menyingkirkan Mood Negatif

Dengan bernyanyi sendiri maupun bersama teman, ternyata hal tersebut dapat menjadi salah satu hal yang bisa menyingkirkan mood negatif. Dengan kegiatan menyanyi tersebut mampu untuk mengatasi beberapa hal seperti kecemasan dan juga rasa sedih. Hal ini pun juga diperkuat dengan penelitian yang membuktikan bahwa ketika seseorang bergabung dengan grup paduan suara maka dapat memperbaiki kesehatan mental yang diderita.

3. Dapat Mencegah Demensia

Selain itu, menyanyi merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan beberapa fungsi otak dan juga organ lainnya seperti pita suara, telinga dan juga bagian tubuh lain ketika memainkan alat musik. Tentu saja, hal ini menimbulkan dampak yang positif kepada mereka yang sedang mengalami penyakit demensia.

Pasalnya dengan kegiatan bernyanyi dan juga memainkan alat musik tersebut, mampu untuk merangsang jaringan pada saraf otak agar bisa bekerja secara lebih aktif. Sehingga ketika anda bernyanyi, maka otak akan mampu untuk menggali memori dari lirik lagu yang telah didengarkan sebelumnya. Untuk itu, bagi penderita demensia kegiatan ini dapat memberikan harapan karena bisa mengasah kemampuan mengingat.

4. Mampu Untuk Mengurangi Stres

Selain itu, manfaat lain dari bernyanyi untuk kesehatan mental adalah mampu mengurangi stres. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa kadar hormon kortisol atau hormon stres yang ada di dalam tubuh dapat berkurang ketika anda bernyanyi. Sehingga dengan bernyanyi lagu favorit kalian akan bisa membuat anda menjadi lebih senang dan juga lega.

Bagi anda yang sehari-harinya tidak terlalu suka bernyanyi, tidak ada salahnya untuk mencobanya ketika anda sedang merasa dalam mood yang buruk. Mengingat banyaknya manfaat yang dapat dirasakan ketika melakukan kegiatan ini.

Sumber :
www.alodokter.com : https://www.alodokter.com/manfaat-bernyanyi-bagi-kesehatan-mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest