Ini Manfaat Menangis Yang Buat Mental Kuat

Menangis merupakan hal lumrah yang dilakukan orang untuk meluapkan emosi terpendam. Hal itu merupakan respon alami seseorang saat menghadapi berbagai emosi. Seperti kesedihan, kebahagiaan, ketakutan, atau rasa tertekan. 

Orang yang mudah menangis memiliki kecerdasan emosional atau EQ (Emotional Quotient) yang tinggi. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengelola, menerima, dan mengatur emosi dalam diri sendiri atau orang disekitarnya. Orang yang memiliki EQ tinggi merupakan sosok yang perasa, penyayang dan memiliki empati yang baik.

Kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa seseorang yang mudah menangis merupakan orang yang lemah atau cengeng. Pandangan ini seharusnya diubah karena dengan menangis seseorang itu berani dan jujur dalam menunjukkan emosi yang dirasakan. Apabila dipendam justru akan menimbulkan dampak yang lebih buruk. 

Padahal banyak manfaat yang didapatkan ketika seseorang menangis. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Secara ilmiah menangis dapat menguatkan mental seseorang. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari menangis.

Manfaat menangis untuk tubuh

Menangis membuat mental kuat
Menangis membuat mental kuat

1. Menangis sebagai penyalur stres

Menangis merupakan sarana untuk melepaskan emosi terpendam. Memang menangis tidak dapat mengubah keadaan, memecahkan masalah, atau mengembalikan seseorang yang pergi dari hidup Anda. Namun secara ilmiah menangis terbukti membuat perasaan menjadi lebih baik karena dapat menstabilkan emosi. Saat menangis, tubuh mengeluarkan senyawa kimia pemicu stres melalui air mata.

2. Berdampak positif untuk kesehatan fisik dan mental

Menangis merupakan terapi alami karena tubuh akan mengeluarkan hormon mangan yang menyebabkan kecemasan dan stres sehingga emosi menjadi lebih baik dan kesehatan mental terjaga. Selain itu menangis juga bermanfaat untuk kesehatan fisik seperti membuang racun dan bakteri dalam tubuh serta melembabkan mata.

3. Mengurangi rasa sakit 

Menangis dapat mengurangi rasa sakit karena bisa mendapatkan respon dari orang sekitar. Misalnya seperti diusap-usap atau dipeluk untuk menenangkan sehingga seseorang menjadi lebih nyaman dan berkurang atas perasaan sakit yang dirasakan. Menurut studi ilmuan dari Tilburg University di Belanda, mengungkapkan bahwa pria atau wanita dengan senang hati akan memberikan dukungan emosional lebih banyak terhadap seseorang yang sedang menangis.

4. Meningkatkan rasa empati

Menangis dapat memicu orang lain disekitar untuk berempati yaitu memahami dan merasakaan hal yang sama dengan apa yang Anda rasakan. Selain itu juga meningkatkan kepedulian dan sikap saling tolong menolong antar sesama saat berhadapan dengan kesusahan. 

5. Memperbaiki mood

Saat menangis Anda memberikan ruang pada diri untuk merasakan kesedihan, kekecewaan, atau rasa tertekan. Dampaknya mood Anda akan menjadi lebih baik karena emosi terpendam telah dikeluarkan. Seiring berjalannya waktu akan membuat Anda lebih memahami permasalahan yang ada sehingga dapat memahami dan menerima keadaan. 

Sering menangis merupakan tanda seseorang bermental kuat

Beberapa orang lebih memilih memendam emosi negatif. Hal ini justru akan membuatnya tertumpuk sehingga memicu gejala yang lebih parah yaitu depresi dan kecemasan. Dampaknya akan berpengaruh buruk pada kehidupan sehari-hari.

Menangis tidak memandang umur maupun gender. Baik pria, wanita, tua, ataupun muda tidak perlu merasa malu atau dianggap lemah saat menangis. Sebagai manusia hal itu wajar dilakukan. Menangis bukanlah tanda bahwa Anda sosok yang lemah, cengeng, atau putus asa. Tetapi hal itu menjadi tanda bahwa Anda berani menghadapi masalah yang ada tanpa niat untuk menghindarinya. Anda akan menjadi lebih kuat dan tegar dalam menghadapi permasalahan.

Dengan menangis Anda bisa menjadi diri sendiri dan menunjukkan kepada semua orang bahwa perilaku tersebut normal. Hal tersebut mampu mengubah pandangan sosial di masyarakat sehingga orang lain tidak lagi segan atau memendam emosi untuk menangis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest