Punya Hewan Peliharaan? Ini Manfaat Psikologisnya

Banyak orang hobi memelihara hewan peliharaan. Hobi ini memang cukup menghabiskan waktu, uang dan tenaga. Namun hal itu tidak masalah bagi pemiliknya karena hobi merupakan kesenangan yang dilakukan apapun konsekuensinya. Sebenarnya memelihara hewan mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan mental baik untuk orang dewasa maupun anak – anak.

Psikolog Klinis, Arrundina Puspita Dewi, M.Psi, Psikolog., mengatakan bahwa memelihara hewan dapat mengajarkan anak – anak untuk bertanggung jawab dan disiplin. Misalnya saat memberi makan, membersihkan kotoran, dan bermain dengan hewan tersebut. Anak juga bisa memberikan aksesoris seperti baju dan kalung untuk hewan seperti kucing sehingga bisa mengasah kreatifitas. Selain itu memelihara hewan mengajarkan anak tentang kasih sayang. Sementara untuk orang dewasa khususnya yang masing single, hewan peliharaan bermanfaat untuk mengurangi stres dan rasa kesepian, dilansir dari okezone.com.

Arrundina menambahkan jika hewan peliharaan akan memberikan afeksi dan companion(teman). Mereka selalu ada ketika pemiliknya merasa sedih atau stres. Saat situasi itu, mau atau tidak, pemiliknya akan mengurus hewan peliharaannya. Hal inilah yang akan memperbaiki suasana hati dan melupakan rasa sedih atau stres yang dialami.

Studi dari American Psychological Association mengungkap jika hewan peliharaan bisa menjadi dukungan emosi dan sosial bagi manusia. Orang yang memelihara hewan akan lebih memiliki rasa percaya diri, empati, tidak kesepian, dan memiliki banyak kesibukan sehingga baik untuk kesehatan mental.

Pada era digital saat ini banyak pula orang yang menyebarkan foto atau video tingkah laku hewan yang menggemaskan. Ternyata melihat foto atau video hewan tersebut dampaknya serupa dengan berinteraksi langsung.

Seseorang yang menonton tingkah laku hewan tersebut mungkin bisa tertawa dan muncul rasa senang yang bisa memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Masalah yang menyebabkan stres dalam kehidupan dapat teralihkan dengan hal tersebut.

Menurut studi dari Florida State University, pasangan yang rutin melihat foto atau video hewan lucu dapat lebih merasakan kepuasan dalam hubungan. Manfaat lainnya adalah muncul dorongan untuk berpikir positif. Pikiran positif inilah yang menjadi tameng dari munculnya penyakit mental seperti stres, depresi dan kecemasan.

Memelihara hewan memang memiliki manfaat terutama untuk kesehatan mental. Namun yang paling penting adalah bagaimana anda bertanggung jawab terhadapnya. Perlakukan dengan baik dan jangan biarkan mengganggu atau merugikan orang lain.

Sumber :
hellosehat.com : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/video-hewan-lucu-mengurangi-stres/
okezone.com : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/01/12/481/1844220/memelihara-hewan-di-rumah-ternyata-bisa-menghilangkan-stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest