Hobi Main Catur? Ketahui Manfaatnya Untuk Otak

Catur merupakan olahraga yang mengandalkan kemampuan otak. Pemain catur dituntut untuk berpikir kreatif dengan strategi yang tepat supaya bisa mengalahkan lawan. 

Bermain catur biasanya dilakukan diatas papan yang telah diatur sedemikian rupa. Namun dengan perkembangan teknologi yang ada, bermain catur dapat dilakukan secara online berhadapan dengan orang diseluruh dunia. Ini membuat level permainan menjadi lebih tinggi. Dengan begitu bisa berlatih dan mengukur kemampuan dalam bermain catur.

Bermain catur memang menguras waktu dan pikiran. Tetapi dibalik itu semua, ternyata bermain catur memiliki segudang manfaat untuk otak dan mental. Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat bermain catur

Manfaat bermain catur untuk otak
Seseorang sedang bermain catur

1. Berpikir dari sudut pandang orang lain

Pemain catur harus bisa membaca strategi apa yang digunakan lawan. Tujuannya untuk memprediksi langkah selanjutnya yang dilakukan lawan. Pemain catur akan belajar berpikir dari perspektif orang lain.  Peneliti menyebutnya theory of mind. Hal ini berguna untuk meningkatkan empati dan hubungan dengan orang lain.

2. Mengurangi resiko penyakit demensia

Studi yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicane mengungkapkan bahwa orang – orang diatas 75 tahun yang bermain catur dapat menurunkan gejala demensia dibandingkan yang tidak bermain catur.

3. Mempertajam daya ingat

Pemain catur terlatih untuk mengingat berbagai peluang dan kombinasi gerakan dari strategi yang mereka jalankan. Oleh karena itu pemain catur memiliki daya ingat yang kuat dalam mengingat perkataan yang didengar dan mengenali pola visual.

4. Menurunkan gejala ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan mental yang mengakibatkan kesulitan fokus dan hiperaktif. Biasanya gangguan ini dialami oleh anak-anak. Dalam sebuah studi, bermain catur dapat menurunkan gejala ADHD sebesar 41 persen pada anak.

5. Meningkatkan kreativitas

Penelitian disebuah sekolah di India menguji dua kelompok siswa. Satu kelompok dilatih bermain catur dan yang lainnya tidak. Kemudian dua kelompok tersebut diberikan tes untuk mengartikan pola dan makna dengan bentuk abstrak. Hasilnya kelompok yang dilatih bermain catur mendapat nilai yang lebih baik. Peneliti mengambil kesimpulan dari hasil tersebut bahwa bermain catur dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

6. Meningkatkan kemampuan kognitif

Bermain catur dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Efek bermain catur terbukti dapat meningkatkan kinerja otak dalam hal berpikir, mengingat, memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan hubungan sosial dengan orang lain.

7. Kecerdasan meningkat

Seseorang yang gemar bermain catur mengalami perkembangan kemampuan berpikir pada dua area yaitu kecerdasan fluida dan kecepatan pemrosesan. Kecerdasan fluida adalah kemampuan mempertimbangkan jenis masalah baru dan menyelesaikannya menggunakan nalar. Sedangkan kecepatan pemrosesan adalah kemampuan memahami masalah lalu menyelesaikannya dengan cepat dan efisien.

8. Melatih membuat perencanaan

Bermain catur membutuhkan waktu cukup lama untuk merencanakan strategi agar bisa mengalahkan lawan. Sebuah penelitian mengungkapkan jika seseorang yang sering bermain catur mempunyai perencanaan yang lebih baik dibandingkan yang jarang bermain catur.

Bermain catur merupakan permainan yang mengasah otak. Olahraga tersebut sangat bermanfaat jika sering dilakukan. Apalagi jika diajarkan pada anak sejak dini, pasti akan bermanfaat untuk perkembangan otaknya, khususnya pada kemampuan kognitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest