Berpelukan Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Kita dapat menunjukkan rasa sayang terhadap orang terdekat dengan berpelukan. Saat berpelukan akan muncul rasa nyaman dalam diri serta semua beban dalam hidup akan terasa lenyap. Masalah mental seperti stres juga akan menghilang sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, ternyata berpelukan memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan psikologis. Simak beberapa manfaatnya berikut ini.

1. Berpikir positif

Berpikir negatif dapat memicu beberapa gangguan seperti stres dan kecemasan. Berpelukan dapat menghasilkan hormon yang baik untuk otak sehingga memicu pikiran untuk berpikir positif.

Berpelukan akan memicu hormon oksitosin dalam tubuh. Hormon ini biasa disebut hormon cinta yang mempengaruhi emosional seseorang.  Hormon oksitosin berfungsi memberikan rasa nyaman, mengurangi stres dan kecemasan. Selain oksitosin, berpelukan juga menghasilkan hormon serotonin yang berguna memperbaiki suasana hati.

2. Menurunkan rasa ketakutan

Seseorang dalam kehidupan pasti ada hal yang ditakuti. Bahkan sebelum sesuatu terjadi orang akan memikirkan hal negatif. Padahal kenyataannya belum tentu seperti yang dipikirkan. Berpelukan dapat mengurangi ketakutan tersebut. Dikutip dari Psychological sciences bahwa pelukan dapat mengurangi rasa takut mati.

3. Mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh

Stres dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit. Pelukan dapat menurunkan hormon insulin dan memperbaiki kualitas tidur sehingga stres menjadi berkurang dan kekebalan tubuh pun meningkat.

4. Baik untuk perkembangan anak

Dilansir dari hellosehat, Penelitian dari Emory University menyebutkan bahwa ada kaitan antara banyaknya pelukan waktu kecil dengan stres saat dewasa. Jika waktu kecil sering dipeluk oleh orang tuanya, maka saat dewasa ia tidak mudah mengalami kecemasan atau stres. Hal ini berimbas pada perilakunya dalam kehidupan. Selain itu pelukan juga dapat menumbuhkan ikatan serta kasih sayang antara orang tua dan anak.

Saat anak mengalami masalah akademik, jangan langsung memarahinya. Berilah ia pelukan dan dukungan sehingga ia merasa dihargai dan akan berusaha lebih baik lagi. Hal ini karena pelukan bisa memperbaiki mental anak.

Berpelukan dapat mengatasi beberapa gangguan mental seperti stres, depresi, kecemasan dan rasa takut. Hal itu juga berpengaruh pada hormon yang dihasilkan tubuh sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit fisik dan mental. Waktu masa anak – anak perlu intensitas pelukan yang lebih banyak karena berpengaruh pada perilaku saat dewasa nantinya.

Sumber :
hellosehat.com : https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/manfaat-berpelukan-mengurangi-stres/
kompas.com : https://lifestyle.kompas.com/read/2015/09/19/110000123/Manfaat.Berpelukan.Turunkan.Stres.Hingga.Kurangi.Nyeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest