6 Manfaat Bermain Game Online Untuk Otak

Saat ini game online banyak dimainkan oleh berbagai kalangan. Namun sebagian orang masih memandang sebelah mata. Hal itu karena mereka menganggap game online menjadi pengaruh buruk dalam kehidupan. Banyak kasus seseorang terganggu kehidupannya akibat terlalu sering hingga kecanduan bermain game. Sebenarnya jika tidak dilakukan secara berlebihan, bermain game online memiliki berbagai manfaat.

Bermain game online bisa memberikan dampak positif bagi otak dan kehidupan sosial. Banyak studi membuktikan bahwa bermain game baik untuk kesehatan mental dan perkembangan otak. Bemain game bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan motorik seseorang. Bahkan bermain game selama minimal 30 menit sehari terbukti bisa memperbaiki kualitas hidup seseorang.

Berikut ini manfaat bermain game Online yang perlu diketahui

Manfaat Bermain Game Online
Ilustrasi : Bermain Game Online

1. Kemampuan menyelesaikan masalah meningkat

Dalam bermain game, pemain dituntut untuk memenangkan sebuah kompetisi atau menyelesaikan misi yang ada. Tidak semua orang bisa menyelesaikan tantangan yang ada karena ada tingkatan level dari yang mudah hingga paling sulit. Hal tersebut bisa mengasah pemain game berpikir dan berkreativitas untuk menyelesaikannya. Dampaknya kemampuan dalam memecahkan masalah menjadi meningkat sehingga nantinya bermanfaat untuk menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menurunkan stres

Bermain game bisa mengurangi rasa jenuh dan stres akibat aktivitas sehari-hari. Seperti stres dan tekanan akibat tugas sekolah atau kantor. Selain itu segala pikiran negatif bisa berkurang karena teralihkan bermain game.

3. Meningkatkan kemampuan otak

Saat bermain game otak dipacu untuk belajar hal baru dengan cepat. Selain itu otak harus berpikir dan berkreativitas dalam menyelesaikan tantangan yang ada. Dengan begitu kemampuan otak akan meningkat.

4. Meningkatkan kemampun bahasa inggris

Game online membuat para penggunanya terhubung dengan pemain di seluruh dunia. Oleh karena itu para pemain melakukan komunikasi dan interaksi dengan bahasa inggris. Selain itu pemain juga harus memahami menu dan fitur game online yang menggunakan bahasa inggris. Dengan begitu pemain game secara tidak langsung kemampuan bahasa inggrisnya akan meningkat.

5. Menambah teman

Banyak pandangan negatif bahwa seseorang yang hobi bermain game menjadi sosok yang individual dan interaksi sosial menjadi berkurang. Padahal selain bermain sendiri, bermain game juga bisa dilakukan secara tim. Dibutuhkan kerjasama yang baik antar pemain untuk memenangkan pertandingan dalam sebuah game. 

Tak jarang, para pemain dalam tim mengadakan pertemuan secara langsung di dunia nyata, jadi tidak hanya berinteraksi di dunia maya saja.

6. Meningkatkan fokus

Seseorang membutuhkan fokus selama berjam-jam saat bermain game. Beberapa game membutuhkan fokus tingkat tinggi. Misalnya game jenis first person shooter (fps). Jika hilang fokus sebentar saja maka bisa jadi tertembak musuh hingga kalah dalam pertandingan. Fokus yang baik berperan dalam kehidupan sehari hari seperti meningkatkan prestasi di sekolah atau kantor. 

Bermain game terutama game online memang memiliki dampak positif dan negatif. Asalkan dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan, maka hal itu akan memberikan pengaruh baik bagi kesehatan mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest