Liburan Tidak Menyenangkan? Awas Holiday Stress

Umumnya saat liburan telah tiba, Anda tentu akan sangat bahagia. Liburan berguna untuk melepaskan kejenuhan sehingga Anda kembali bersemangat dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Akan tetapi, beberapa individu justru merasa stres dan tidak senang. Hal ini mengakibatkan munculnya holiday stress.

Holiday stress merupakan suatu perasaan cemas atau tertekan yang dialami seseorang sehingga merasa tidak bahagia saat liburan. Stres dapat terjadi apabila ditemui banyak kendala saat merencanakan dan mempersiapkan liburan. Ada berbagai penyebab yang dapat menjadi alasan seseorang mengalami holiday stress. Untuk itu, dalam ulasan ini akan dijelaskan lebih dalam penyebab serta tips mengatasinya.

Inilah Beberapa Penyebab Holiday Stress

1. Liburan yang dipaksakan

Contoh liburan yang dipaksakan misalnya biaya liburan menggunakan hasil hutang atau pergi ke tempat yang jauh atau rumit sehingga membutuhkan persiapan yang matang. Hal tersebut bisa membuat pikiran kita tertekan dan justru membuat liburan menjadi tidak menyenangkan.

2. Ekspektasi yang terlalu tinggi

Biasanya masalah holiday stress ini akan menyerang mereka yang memiliki ekspektasi terlalu tinggi tentang liburan. Hal ini akan membuat perasaan kecewa hingga depresi saat menyadari bahwa hal yang terjadi tidak sesuai dengan keinginan. 

3. Banyak target

Saat liburan tiba, maka Anda harus menyelesaikan seluruh target pekerjaan yang ada terlebih dahulu. Bagi mereka yang tidak mudah cemas hal ini tentunya bukanlah hal yang besar. Akan tetapi, bagi beberapa individu yang memiliki rasa cemas dan pemikiran berlebihan hal ini dapat memicu stres karena merasa ragu untuk menyelesaikan target yang ditentukan sebelum waktu liburan tiba.

4. Merasa rendah diri

Holiday stress juga dapat dipicu karena membandingkan liburan Anda dengan orang lain. Sibuk melakukan hal ini membuat sensasi liburan yang harusnya menyenangkan menjadi menghilang. Oleh karena itu, hilangkan pemikiran tersebut untuk menghindari terjadinya holiday stress.

Tips Mengatasi Holiday Stress

1. Hubungi teman dekat

Salah satu cara paling mudah yang dapat Anda pakai untuk mengatasi masalah holiday stress adalah berkumpul bersama teman. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan bersama teman sehingga semua beban terasa jauh lebih ringan. Anda dapat membagi cerita dan keluh kesah bersama. Banyak humor atau lelucon yang biasanya terlontar saat Anda sedang bersama teman sehingga stres saat liburan bisa berkurang.

2. Rencanakan kegiatan menyenangkan

Cara mudah lainnya adalah membuat rencana untuk kegiatan yang menyenangkan. Anda tidak bisa hanya stuck dalam suatu masalah. Saat liburan cobalah untuk membuat rencana yang menarik dan ingin Anda lakukan tanpa ekspektasi tinggi. Anda dapat melakukan kegiatan seperti hobi yang menghibur dan disukai.

3. Gunakan bantuan profesional

Biasanya, langkah ini dilakukan jika sudah merasa tidak terbantu dengan semua cara sederhana. Anda dapat melakukan langkah sederhana dengan menghubungi orang yang lebih paham tentang keadaan Anda. Psikolog atau psikiater dapat membantu untuk semua masalah kesehatan mental yang terjadi seperti holiday stress.

Saat liburan Anda tidak harus memilih tempat yang jauh dan rumit untuk dijangkau. Anda bisa memilih tempat yang sederhana tapi nyaman untuk dikunjungi atau melakukan kegiatan yang disukai diluar rutinitas sehari-hari. Perlu diketahui bahwa hal terpenting saat liburan ialah dapat berkumpul bersama teman atau keluarga dan terbebas dari rasa stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest