Lakukan Hal Ini Jika Kerabat Sedang Berduka

Kehilangan orang yang disayangi memang memberikan pukulan telak kepada siapapun yang mengalaminya. Setiap orang memang tidak mengharapkan hal itu terjadi. Namun jika sudah jalannya seperti itu seseorang harus ikhlas dan menerimanya.

Mengucapkan kata-kata yang menunjukkan empati kepada orang yang berduka sangat mudah dilakukan. Jika orang yang berduka itu kerabat atau sahabat anda, tentu saja kata-kata tersebut tidak cukup. Anda perlu melakukan hal yang lebih dari sekedar ucapan saja. Berikut ini tips yang bisa anda lakukan untuk membantu kerabat anda keluar dari rasa duka.

1. Biarkan meluapkan kesedihannya

Seseorang yang berduka biasanya melampiaskan kesedihan dengan cara menangis. Biarkan sejenak kerabat yang berduka untuk mengurangi kesedihan dengan menangis. Anda bisa berada didekatnya dan mengelus pungggungnya secara lembut agar ia merasa mendapat dukungan.

2. Luangkan waktu bersamanya

Titik terendah orang yang sedang berduka ialah merasa kesepian, ditinggalkan, dan tidak memiliki kerabat lagi dalam hidupnya. Jika dibiarkan maka orang tersebut bisa depresi. Dampak yang paling parah adalah muncul keinginan bunuh diri. Sebagai sahabat anda perlu sering bersamanya agar ia merasa mendapat dukungan dan memiliki semangat dalam menjalani hidup.

3. Memberikan perhatian dan bantuan

Berikan perhatian lebih kepada kerabat yang berduka. Anda harus selalu siap memberikan bantuan walaupun ia tidak memintanya. Jika ia merasa memiliki emosi yang sulit dipulihkan, anda bisa menyarankan untuk pergi ke psikolog, karena jika berduka terlalu lama dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas dalam kehidupannya.

4. Mengajak melakukan kegiatan menyenangkan

Seseorang yang sedang berduka memiliki emosi yang kurang stabil. Orang tersebut juga akan kehilangan semangat dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Jika memiliki kerabat yang sedang berduka, anda bisa mengajaknya melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama sehingga ia dapat mengurangi kesedihan  yang timbul dan menjadi semangat kembali.

Perlu anda ketahui bahwa setiap orang berbeda dalam menanggapi perasaan berduka. Ada yang sebentar sedih kemudian semangat lagi, ada pula yang berduka dalam jangka waktu cukup lama. Anda perlu memilih sikap yang tepat dalam membantu kerabat yang tentunya memiliki karakter yang berbeda.

Sumber :
hellosehat.com : https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/teman-sedih/
journal.sociolla.com : https://journal.sociolla.com/lifestyle/guide-lifestyle/cara-menghadapi-sahabat-yang-berduka/
www.teen.co.id : http://www.teen.co.id/read/4728/teman-sedang-berduka-lakukan-3-hal-ini-untuk-menenangkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest