Kang Daniel Memutuskan Istirahat Karena Depresi

Salah satu personel Wanna One  yaitu kang Daniel dikabarkan memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia hiburan. Kabarnya ia cuti sejenak karena masalah kesehatan mental. Kang Daniel diberitakan menderita gejala depresi dan kecemasan. Hal ini disampaikan oleh label musik Kang Daniel, Konnect Entertainment.

“Dia didiagnosis terkena gangguan depresi dan serangan panik. Ia akan fokus pada psikoterapi dan pengobatan”, kata agensi Kang Daniel, Konnect Entertainment.

Kang Daniel menulis sebuah pesan di fancafe bahwa ia lelah dengan hatters yang selalu menyerangnya. Ia merasa sulit dengan kondisi yang dialami bahkan sampai pada suatu titik dimana ia meminta pertolongan. Selain itu juga berbagai komentar negatif dari netizen yang membuat kondisinya semakin buruk.

Dikutip dari Sports Seoul, sejak awal tahun ini Kang Daniel mengalami depresi. Banyak masalah yang menimpa bintang K-Pop itu. Mulai dari permasalahan dengan mantan agensinya LM Entertainment hingga hubungan cintanya dengan personel girlband Twice, Jihyo.

Dilansir dari detik.com, dokter spesialis kedokteran jiwa, dr Andri, SpKJ, FACLP mengatakan ada dua macam depresi yaitu yang masih menjadi sindrom depresi dan sudah menjadi gangguan depresi.

Sindrom depresi yaitu gejala depresi yang terjadi satu atau dua hari saja dan tidak menetap. Sedangkan gangguan depresi terjadi minimal dua minggu dan mengganggu kepribadian dan sosial seseorang.

Gejala yang sering muncul adalah putus asa, sedih, sulit tidur atau tidur berlebihan, tidak nafsu makan atau makan berlebihan, sulit konsentrasi, dan malas melakukan kegiatan apapun. Gejala yang lebih parah adalah keinginan untuk bunuh diri. Hal itu disebabkan karena ia merasa tidak berguna untuk orang – orang sekitar.

Dalam kasus Kang Daniel, pemicu depresinya adalah bullying di media sosial. Psikolog dari Personal Growth Linda Setiawati, memberi saran untuk tidak langsung menanggapi segala komentar negatif. Ia menambahkan jika  orang yang berkomentar tidak tahu keadaan kita yang sebenarnya. Oleh karena itu komentar yang dikatakan netizen itu belum tentu benar, dikutip dari kompas.com.

Berceritalah kepada orang terdekat anda tentang masalah yang dihadapi. Bisa kepada keluarga atau teman terdekat. Berinteraksi dan menjalin hubungan dengan orang terdekat menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya depresi.

Sumber :
detik.com : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4809278/kang-daniel-depresi-dan-makin-memburuk-kenali-tanda-tandanya?_ga=2.176125348.789488771.1575213561-1088903966.1557650888
okezone.com : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/11/22/481/2133218/wanita-lebih-sering-baper-waspada-risiko-depresi-meningkat?page=3
okezone.com : https://sains.kompas.com/read/2019/12/04/170300923/kang-daniel-rehat-karena-depresi-kenali-gejala-dan-penanganannya?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest