Yuk Cari Tahu 3 Jenis Orang Narsis yang Harus Dihindari

Narsis merupakan salah satu kepribadian yang tidak asing di kalangan masyarakat. Narsis diambil dari mitologi yunani tentang sosok Narcissus yang terpesona dengan ketampanannya sendiri. Orang yang narsis biasanya suka mengunggulkan dirinya sendiri, entah mengatakannya secara langsung maupun melalui tindakannya. Berikut ini jenis-jenis orang narsis yang harus dihindari.

1. Narsis Terselubung

Orang yang memiliki sifat narsis terselubung biasanya tidak mengatakan bahwa dirinya unggul. Umumnya mereka menunjukkan keunggulannya dengan cara yang lain, seperti memperlihatkan apa yang dimilikinya kepada rekan-rekannya. Dengan begitu, ia berharap orang akan menganggapnya lebih baik dibandingkan yang lain.

Anda bisa mengenali teman anda yang memiliki karakter ini, dari sikapnya yang terkesan memamerkan kelebihannya. Mereka suka mememperlihatkan baju branded yang dimilikanya kepada kawan-kawannya, menunjukkan foto travelling ke tempat-tempat yang mewah dan buku-buku terkenal yang dimilikinya.

2. Narsis Berbisa

Narsis berbisa termasuk pada tingkatan narsis yang cukup berbahaya. Orang dengan karakter ini, tidak hanya ingin menunjukkan kelebihannya. Mereka juga berusaha agar dirinya ditakuti oleh orang lain. Bahkan, mereka tidak segan-segan menyingkirkan orang lain demi mendapatkan posisi yang diinginkan.

Kegagalan yang dialami orang lain menjadi kesenangan tersendiri untuk orang yang narsis berbisa. Para pemilik kepribadian ini tidak bisa menjaga cara bicaranya dan suka menyalahkan orang lain. Mereka juga cenderung suka memaksakan pendapatnya kepada orang lain dan berusaha mempengaruhi lawan bicara agar mengikuti pendapatnya. 

3. Narsis Ekshibisionis

Jenis orang narsisi seperti ini cukup umum dan mudah ditemukan. Pribadi narsis ekshibisionis lebih banyak membicarakan tentang keunggulan dirinya. Mereka akan melebih-lebihkan dirinya sendiri dihadapan orang lain.  Salah satu tujuannya adalah ingin membuat orang lain di sekitarnya merasa rendah diri.

Orang dengan karakter narsis ekshibisionis selalu haus akan perhatian dan pujian. Mereka tidak suka dikritik. Selain itu, mereka suka tidak sabar dan mudah marah jika tidak mendapatkan perlakuan yang spesial. Sayangnya, orang seperti ini lebih mudah tertekan saat tidak diperlakukan secara khusus.

Tuntutan pekerjaan dan sosial kerap kali membuat kita harus berhadapan dengan orang yang narsis. Kepribadiannya yang suka memandang rendah orang lain sangat sulit untuk dijadikan teman.  Saat menjalin hubungan, mereka akan sering mengecewakan dan lebih mengutamakan dirinya sendiri.

Sumber :
www.liputan6.com : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3235818/3-jenis-orang-narsis-yang-perlu-anda-waspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest