Lama Isolasi Diri Di Rumah, Awas Terkena ‘Cabin Fever’!

Seluruh masyarakat dihimbau untuk tidak keluar rumah saat pandemi Covid-19. Peraturan ini merupakan salah satu cara untuk memutus penyebaran Covid-19. Namun jika terlalu lama terisolasi di rumah Seseorang dapat terkena cabin fever. 

Cabin fever merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangkaian perasaan atau emosi negatif yang muncul akibat terlalu lama terisolasi dari dunia luar. Apalagi jika seseorang tinggal sendirian di rumah. Hal ini dapat menyebabkankan rasa kesepian dan kesedihan karena jauh dari keluarga dan kerabat terdekat. 

Cabin fever memang bukan termasuk gangguan mental. Tetapi jangan mengabaikannya karena jika tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan gangguan yang lebih serius dalam kehidupan sehari-hari. 

Cabin fever dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat mengganggu dalam kehidupan seperti saat bekerja dan berinteraksi dengan orang lain. Gejala yang dialami bisa berbeda-beda tergantung kondisi mental seseorang.  Berikut ini merupakan gejala yang sering muncul. 

  • Mudah marah
  • Kesabaran menurun
  • Konsentrasi menurun
  • Letih dan lesu
  • Depresi dan stres
  • Merasa cemas
  • Merasa putus asa
  • Mengalami gangguan tidur 
Mengatasi Cabin Fever 
1. Keluar sejenak dari rumah

Selama masa pandemi virus, keluar dari rumah bukan berarti berwisata ke suatu tempat. Tetapi anda bisa Berjalan-jalan, berjemur Atau duduk-duduk di teras rumah Untuk bersantai dan menikmati udara segar. Anda pun bisa bercocok tanam serta melihat pemandangan sekitar rumah. 

2. Olahraga

Olahraga tidak harus dilakukan diluar rumah. Anda bisa melakukan olahraga didalam rumah seperti senam, yoga atau angkat beban.  Olahraga secara teratur dapat menurunkan stres dan kecemasan sehingga pikiran anda menjadi lebih rileks. 

3. Menjaga komunikasi dengan orang lain

Anda dapat meluangkan waktu sejenak untuk keluarga atau kerabat terdekat. Anda bisa mengobrol, bercanda dan bermain dengan anak-anak. Namun bagi anda yang tinggal sendirian dapat melakukan panggilan suara atau video call dengan kerabat terdekat. Anda dapat bercerita tentang keluh kesah selama cabin fever.  Hal ini dapat mengurangi stres dan beban pikiran yang anda rasakan. 

4. Sibuk dengan segala aktivitas

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang produktif seperti belajar dan bekerja. Anda juga dapat melakukan kegiatan yang disenangi seperti menulis atau membuat kerajinan tangan. 

Selain beberapa hal di atas anda juga harus menjaga pola makan yang sehat. Hal ini karena saat emosi negatif muncul maka anda bisa makan secara berlebihan atau bahkan sebaliknya akan kehilangan nafsu makan sehingga akan berdampak buruk pada kesehatan.

Sumber :
hellosehat.com : https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/apa-itu-cabin-fever/
www.alodokter.com :https://www.alodokter.com/waspadai-cabin-fever-akibat-terlalu-lama-tinggal-di-rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest