Ketahui Hal Berikut Sebelum Pilih Kuliah Jurusan Psikologi

Bagi Anda yang menyukai ilmu-ilmu filsafat dan tertarik mempelajari perilaku manusia, kuliah psikologi dapat menjadi pilihan yang tepat. Di sini Anda akan mendalami lebih jauh mengenai bagaimana proses mental dan perilaku manusia terjadi. Mendalami bidang ilmu psikologi tentu akan sangat bermanfaat pada diri sendiri dan lingkungan sekitar. Cakupan dari psikologi juga terdiri dari beberapa cabang, untuk selengkapnya simak penjelasan berikut:

Apa Saja Ilmu yang Dipelajari?

Sebelum membahas terkait apa yang dipelajari dalam jurusan ilmu psikologi, ada baiknya memahami terlebih dulu pengertian dari psikologi itu sendiri. Psikologi adalah disiplin ilmu yang mengkaji pikiran, mental, dan perilaku manusia. Ilmu ini akan membahas mengenai bagaimana manusia berpikir dan berperilaku. 

Kajian dalam ilmu psikologi terdiri dari beberapa cabang yang spesifik, antara lain psikologi perkembangan, psikologi klinis, psikologi pendidikan, psikologi industri organisasi, psikologi sosial dan sebagainya. Cabang-cabang ini memiliki fokus masing-masing terhadap apa yang akan dibahas. Salah satu contoh, ,misalnya psikologi industri organisasi. Cabang psikologi satu ini berfokus mempelajari bagaimana seorang individu merespon terhadap lingkungan kerja, tim, organisasi, dan semacamnya.

Selain itu perlu diketahui bahwa kuliah psikologi sangat erat kaitannya dengan ilmu filsafat. Di mana mahasiswa akan diajak mempelajari berbagai teori dari para ahli. Teori-teori tersebut kemudian dikembangkan dan dijadikan dasar dalam pembelajaran selanjutnya. Di antara pendapat para tokoh filsafat dan keilmuan yang digunakan ketika mempelajari psikologi, Anda akan sering mendengar nama-nama, seperti Sigmund Freud, Carl Jung, Alfred Adler, dan lain sebagainya. 

Tak hanya terkait teori, psikologi juga berkaitan erat dengan pengolahan data lapangan. Contohnya dalam mengimplementasikan sebuah teori, seperti ketika mengadakan suatu tes intelegensi pada suatu kelompok atau individu, akan memerlukan pengetahuan untuk mengolah data sehingga dapat menginterpretasinya dengan sesuai. Oleh karena itu, selain teori-teori dan filsafat, mahasiswa psikologi juga akan memperoleh wawasan tentang ilmu statistik dan psikometri.

Peluang Kerja Lulusan Psikologi

1. HRD (Human Resouces Development)

Memang tidak dapat dimungkiri profesi ini banyak menjadi incaran mahasiswa lulusan psikologi. Hal ini dikarenakan anggapan bahwa menjadi HRD adalah profesi yang mapan dan terkesan menjanjikan. Namun sebelum itu apakah anda tahu pekerjaan dari HRD? Ya, HRD adalah bagian penting dalam sebuah perusahaan yang bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia yang ada pada perusahaan. Contoh tugas-tugasnya, seperti dalam merancang proses rekrutmen, pelatihan pegawai, dan evaluasi kinerja karyawan.

2. Terapis

Menjadi terapis adalah salah satu pekerjaan mulia karena Anda dapat membantu mereka yang membutuhkan pelayanan psikologis. Contohnya adalah terapis anak berkebutuhan khusus yang membantu dan mengawasi proses perkembangan anak tersebut. Terapis ini diharapkan dapat membantu anak dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki sehingga dapat berfungsi sepenuhnya pada masyarakat. 

3. Konselor 

Jika anda tertarik membantu klien untuk menemukan pemecahan masalah terhadap pengalaman yang dihadapi,  profesi konselor adalah peluang kerja jurusan psikologi yang tepat untuk dipilih. Di mana konselor adalah yang bertugas memberikan jasa konseling. Seorang konselor dapat bekerja di sebuah perusahaan untuk melayani konsultasi terhadap beberapa karyawan. Selain itu konselor juga dapat ditempatkan pada instansi pendidikan untuk melayani kebutuhan konseling siswa.

Rekomendasi Kuliah Psikologi Online Gratis

Jika anda tertarik mempelajari psikologi, anda juga dapat mengikuti kuliah psikologi online yang dapat diperoleh secara gratis. Inilah daftar perguruan tinggi yang menawarkan kursus online gratis:

  • Universitas Monash
  • Universitas Edinburg
  • Johns Hopkins University
  • Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong
  • Universitas Harvard

Itulah dia beberapa informasi yang perlu diketahui  terkait kuliah psikologi. Mempelajari psikologi adalah hal yang menarik untuk digali lebih dalam karena terdapat berbagai macam wawasan yang tentunya akan sangat berguna bagi diri sendiri maupun lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest