Belum Banyak yang Tahu, Ini Penyebab Depresi

Banyak dari masyarakat yang tidak menyadari bahwa dirinya tengah mengidap gangguan mental. Sebab, gangguan psikologis ini tidak terlihat di luar, namun hanya bisa dirasakan oleh penderitanya. Tingkat gangguan mental dan gejala yang ditimbulkan akan berbeda setiap individunya. Depresi merupakan gangguan psikologis yang tidak boleh diremehkan, karena dapat menyangkut keselamatan nyawa seseorang. Yuk kenali faktor dari gangguan mental tersebut.

1. Faktor Biologis

Salah satu penyebab gangguan mental depresi adalah faktor biologis. Yang dimaksud dari faktor biologis adalah adanya kadar senyawa bernama neurotransmitter, yang tidak dapat berfungsi seimbang. Fungsi utama dari senyawa tersebut, adalah mengatur suasana hati seseorang. Apabila kandungan senyawa tersebut tidak memenuhi standar umumnya, gejala ini dikenal dengan gangguan mental klinis.

2. Faktor Genetik

Siapa yang menyangka bahwa gangguan mental ini bisa diturunkan dari keturunan sebelumnya. Apabila keluarga memiliki riwayat gangguan ini, ada peluang bagi  keturunannya kelak untuk mengalaminya gangguan tersebut. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu, apakah anggota keluarga  ada yang pernah terjangkit gangguan ini. Agar bisa dicegah sejak dini, periksalah ke dokter psikolog terdekat.  

3. Trauma Tertentu Sejak Kecil

Semua hal yang terjadi sejak usia balita, dapat berpengaruh bagi tumbuh kembang si kecil. Beberapa peristiwa yang membuatnya trauma, akan terus dibawanya hingga dewasa nanti. Terutama ketika ada peristiwa buruk seperti kehilangan orang tua, perceraian orang tua, pelecehan seksual, dan sebagainya. Tanpa disadari sang penderita, rasa trauma akan terus mengintainya dan berpengaruh dalam pengambilan keputusan.

4. Memiliki Riwayat Penyakit Tertentu

Kondisi fisik dan psoikologi akan terus berjalan selaras satu sama lain. Ketika tubuh merespon adanya gejala sakit pada bagian tertentu, psikologi juga akan mengikutinya. Rasa sakit yang dibiarkan, membuat penderita semakin stres dan menimbulkan depresi berat. Ada beberapa penyakit tertentu yang bisa berpengaruh pada psikologi, seperti tiroid, Addison, dan penyakit hati.

5. Penyalahgunaan Obat Tertentu

Obat – obatan tertentu dapat menyebabkan depresi. tidak hanya narkoba, obat resep juga diketahui dapat mempengaruhi psikologis seseorang seperti antikonvulsan, statin, stimulan, benzodiazepine, kortikosteroid, dan beta-blocker.

6. Memendam Emosi dan Faktor Lingkungan Sekitar

Memendam rasa marah atau kehilangan orang yang dicintai dapat menyebabkan depresi. Selain itu faktor lingkungan seperti banyak pekerjaan di kantor juga menjadi salah satu faktor.

Tubuh memang terlihat prima, namun kita tidak dapat mengetahui isi hati seseorang. Bagi penderita gangguan mental seperti depresi, ia membutuhkan kasih sayang dan perhatian lebih dari orang sekitarnya.  Sebab penderita merasa hidupnya hampa dan sangat kelam, sehingga memicu adanya rasa ingin bunuh diri. Ketika tubuh merespon adanya rasa sakit berkepanjangan yang diikuti perubahan psikologis, hendaknya konsultasikan kepada psikolog terdekat.

Sumber:
kompas.com: 10 Penyebab Depresi Yang Paling Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest