Berbahaya! Inilah Dampak Buruk Hoax bagi Kesehatan Mental

Di era saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial sehingga berita hoax jadi sangat mudah tersebar. Banyak orang yang menelan mentah-mentah informasi yang mereka dapatkan tanpa mengecek terlebih dahulu kebenarannya. Mengingat dampaknya yang buruk, setiap orang pasti ingin menghindarinya. Apalagi berita hoax ternyata juga dapat merugikan kesehatan mental anda.

Dampak berita hoax

Menurut psikolog, berita hoax digunakan untuk memanipulasi masyarakat luas. Sebab berita hoax dapat memanfaatkan sekelompok orang yang takut, dan mengambil untung dari ketakutan tersebut. Dalam sebuah penelitian, para psikolog sepakat bahwa berita hoax dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan kejiwaan, seperti post traumatic stress syndrom serta menimbulkan kecemasan sampai memicu kekerasan.

Hoax dapat mempengaruhi situasi emosional seseorang seperti muncul rasa cemas sehingga dapat memicu adanya stres. Orang yang malas mencari tahu kebenaran dari berita hoax akan lebih mudah mengalami respon yang tidak baik saat dihadapkan dengan informasi palsu sehingga memicu rasa stres, detak jantung yang tidak normal, perilaku yang labil dan tidak percaya diri.

Selain dapat mengganggu situasi emosi, hoax juga berpotensi menimbulkan Banyak berita palsu yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya berita hoax yang menyudutkan seseorang atau kelompok tertentu. Berita ini tentunya dapat memunculkan emosi dan rasa benci pada seseorang atau kelompok, padahal berita tersebut belum tentu benar.

Orang yang menerima berita palsu bisa mengalami gangguan kesehatan mental karena adanya rasa dendam. Hoax yang berada di kalangan masyarakat yang dibiarkan secara terus-menerus dapat menyebabkan timbulnya perpecahan. Pihak-pihak tertentu biasanya memanfaatkan berita palsu yang diedarkan sehingga masyarakat mudah diadu domba. Kondisi ini jelas dapat mengancam persatuan kelompok atau bangsa.

Tidak hanya itu, psikolog juga percaya orang yang terpapar berita palsu bisa sampai membutuhkan terapi, karena diselimuti kecemasan, stres dan merasa kesepian. Maka dari itu, jangan menyepelekan dampak buruk berita hoax pada kesehatan mental. Karena efeknya bisa berlangsung dalam jangka panjang. Misalnya, menganggu situasi emosi dan suasana hati yang berkepanjangan.

Cara menghindari berita hoax

Sebelum mempercayai sebuah berita, tanyakan dulu pada diri anda sendiri, apakah sumbernya terpercaya. Untuk menghindari berita palsu ada baiknya kita lebih selektif dalam membuktikan sumber datangnya berita agar kita terhindar dari berita hoax. Langkah selanjutnya belajar menilai sebuah informasi yang diterima, misalnya apakah informasi itu masuk akal atau tidak.

Waktu penerbitan informasi juga memiliki peran penting dalam penyebaran berita palsu. Banyak berita lama yang sudah tidak relevan sengaja ditulis kembali untuk memanaskan suasana. Apabila sebuah informasi menyinggung bidang tertentu, bertanyalah langsung pada ahli bidang tersebut untuk lebih memasatikan lagi. Kita dapat memanfaatkan situs-situs yang menyediakan layanan pengecekan fakta, agar terhindar dari berita palsu.

Tak ada salahnya bersikap skeptis, dengan tidak langsung mempercayai begitu saja informasi yang anda terima. Sebelum mempercayai informasi secara utuh, periksa dulu kebenarannya dengan mengecek kredibilitas sumbernya, jika perlu tanyakan dulu kepada ahlinya. Jika bukan anda, siapa lagi yang menyaring berita hoax supaya tidak menyerang diri sendiri dan orang lain.

Sumber :
kompas.com : https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/08/120209420/dampak-buruk-berita-hoax-pada-kesehatan-mental-ini-penjelasannya?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest