Sudah Tahu Ciri Kepribadian Ganda? Yuk Kenali Disini

Kepribadian Ganda merupakan kelainan psikologi yang sering disebut dengan Dissociative Identity Disorder (DID). Jika anda bertemu dengan orang yang sering berubah personality nya, baik secara fisik maupun penampilan, maka bisa disimpulkan bahwa ia menderita penyakit DID. Jika anda penasaran tentang penyakit ini, yuk kenali ciri cirinya disini!

Ciri Ciri Seseorang Yang Memiliki Double Personality

Dilansir dari dosenpsikologi.com, orang yang mengalami double personality bisa memiliki jumlah personality lebih dari dua. Setiap personality yang ia miliki, maka akan berbeda pola pikirnya, karakter, jenis kelamin, usia, cara berbicara, bahkan ras. Orang yang memiliki double personality sering mengalami amnesia sesaat, ada beberapa hal dalam kehidupannya yang tidak bisa diingat dan ini berbeda dengan lupa yang biasa terjadi.

Orang dengan double personality juga sering mengalami halusinasi auditory, yaitu mendengar suara-suara yang sebenarnya tidak ada. Ia juga sering merasa cemas, pola tidur yang berantakan, mudah marah, mudah depresi bahkan cenderung untuk menyakiti dirinya sendiri. Ketika ia sedang mengalami pergantian personality, biasanya ia akan mengalami sakit pada kepala atau bagian fisik lainnya.

Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jika ada seseorang disekitar anda mengidap DID, maka bisa jadi penyebabnya adalah  masa kecilnya yang mengalami kekerasan fisik, seksual, emosional, maupun psikologis. Anak kecil yang sering mengalami trauma, maka tidak menutup kemungkinan ketika ia dewasa akan mengalami kepribadian ganda. Traumatis bisa menyebabkan mekanisme pertahanan dalam diri secara tanpa sadar yang memunculkan personality lain yang sangat berbeda dari aslinya

Penderita DID memerlukan terapi dalam jangka panjang untuk mengembalikan personality aslinya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah evaluasi secara menyeluruh, meliputi pemeriksaan fisik, pemeriksaan psikiatri, dan penentuan diagnosa. Diagnosa ini dibagi  menjadi 3 yaitu Dissociative Amnesia, Dissociative Identiy Disorder dan Depersonalization – Derealization Disorder. Setelah proses diagnosa selesai maka penderita akan diterapi.

Semua orang rentan terkena resiko double personality, dan yang mengalaminya kebanyakan adalah perempuan. Untuk mencegah terjadinya penyakit DID pada anak, jangan pernah melakukan kekerasan pada anak dibawah usia 9 tahun. Masih banyak cara lain untuk menasehati anak tanpa melakukan kekerasan. Alangkah lebih baik bagi anda yang ingin menikah, pelajari dahulu ilmu parenting agar tidak salah ketika mendidik buah hati kelak.

Sumber :
https://dosenpsikologi.com/kepribadian-ganda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest