Menggali Tentang Ciri Kecanduan Game & Tips Mengatasinya

Bermain game menjadi salah satu hiburan yang cukup digemari mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Selain menyenangkan, bermain game juga bisa memberikan dampak positif bagi mental seseorang. Banyak manfaat yang didapat saat bermain game, salah satunya bisa mengusir stres dan kejenuhan. Namun jika dilakukan secara berlebihan apalagi hingga kecanduan maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik seseorang. Kecanduan game ditandai dengan adanya dorongan untuk bermain selama berjam-jam hingga melupakan aktivitas lain seperti makan, pekerjaan, atau tugas sekolah.

Bahkan dampak yang lebih parah akibat kecanduan game, bisa menyebabkan gangguan psikologi lain seperti depresi dan kecemasan. sebelum terlambat, Anda perlu mengetahui ciri-ciri kecanduan game berikut ini.

Ciri-ciri kecanduan game

Kecanduan game
Kecanduan game

Seseorang dikatakan kecanduan game jika memiliki ciri-ciri berikut ini.

1.       Selalu memiliki hasrat untuk bermain game

2.       Merasa stres dan marah saat tidak bisa bermain game

3.       Membutuhkan waktu berjam-jam bermain game agar merasa tenang

4.       Menghabiskan banyak waktu untuk bermain game dengan mengesampingkan kegiatan yang lebih penting seperti makan, mandi, atau mengerjakan tugas

5.       Memiliki kebiasaan berbohong agar bisa bermain game

6.       Banyak menghabiskan uang untuk kebutuhan bermain game

7.       Memiliki masalah karena bermain game di lingkungan rumah, sekolah, atau kantor.

Selain beberapa gejala psikologis diatas, bermain game juga bisa mengganggu kesehatan fisik seperti mengalami sakit kepala, mata lelah, dan nyeri punggung. Penderita juga bisa mengalami gangguan pada syaraf tangan karena kebiasaan bermain game dengan intensitas yang lama.

Terkadang penderita tidak menyadari bahwa dirinya telah kecanduan bermain game atau tidak. Oleh sebab itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke psikolog atau psikiater agar gejala tidak semakin parah.

Tips mengatasi Kecanduan game

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kecanduan game.

1. Mengatur waktu bermain game

Jika Anda merasa telah terlau banyak waktu dihabiskan untuk bermain game, cobalah mengatur waktu dengan membatasi bermain game. Misalnya satu jam per hari. Jadwal yang teratur membuat Anda bisa membagi waktu bermain game dengan aktivitas lain. Bila perlu pasang alarm pada komputer atau ponsel sebagai pengingat waktu bermain.

2. Jangan membawa gadget atau perangkat game ke kamar tidur

Saat Anda bermain game, secara tidak sadar mungkin akan membawa perangkat ke kamar tidur. Hal ini karena kamar tidur merupakan tempat yang nyaman untuk bermain game. Akibatnya mengganggu waktu tidur yang bisa berdampak pada kesehatan Anda. Lebih baik letakkan ponsel, laptop, komputer, atau perangkat game lain diluar kamar sehingga dapat mengurangi kecanduan karena tidak ada perangkat game didekat Anda.

3. Melakukan hobi baru

Anda bisa mengurangi kecanduan game dengan mencari hobi baru seperti olahraga, membaca buku, memasak, atau piknik ke luar rumah. Dengan demikian Anda bisa mengalihkan kecanduan dengan aktivitas lain. Aktivitas seperti olahraga dapat menjaga tubuh dan pikiran agar tetap bugar dan mencegah berbagai gangguan akibat terlalu sering bermain game .

4. Melakukan psikoterapi

Jika cara-cara diatas belum bisa membuat Anda berhenti kecanduan bermain game, lebih baik konsultasikan kepada psikolog atau psikiater. Nantinya akan diberikan psikoterapi seperti terapi perilaku kognitif atau cognitive behavioral therapy (CBT).

Kecanduan game merupakan gangguan yang mengancam kesehatan fisik dan mental. Jika hal itu menggaggu aktivitas sehari-hari dan kehidupan sosial, segera konsultasikan kepada psikolog atau psikiater.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest