4 Cara Mengelola Rasa Frustasi Dalam Diri

Setiap orang pasti pernah mengalami frustasi dalam hidup. Banyak hal yang bisa menyebabkan anda menjadi frustasi, yakni mulai dari rasa marah, kecewa, cemas dan juga bingung. Kondisi ini jika dibiarkan berkelanjutan akan bisa mempengaruhi kesehatan mental anda. Untuk itu, anda perlu untuk bisa mengelola rasa frustasi tersebut dengan memiliki pola pikir yang positif. Berikut cara yang bisa untuk anda lakukan.

Beberapa Cara Untuk Mengelola Rasa Frustasi Yang Bisa Anda Lakukan
1. Mengetahui Hal yang Menyebabkan Frustasi

Untuk anda yang mengalami rasa frustasi, maka lebih baik mencari tahu penyebabnya sehingga nantinya bisa menemukan solusi untuk mengatasi rasa frustasi yang anda rasakan tersebut. Dengan membuat daftar hal yang mengganggu pikiran anda dan menentukan mana yang ingin diubah atau diperbaiki, maka hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengelola rasa frustasi anda.

2. Menenangkan Diri

Jika rasa frustasi tak kunjung usai, maka hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi kesehatan mental anda. Untuk itu, ketika anda mengalami fase ini, maka anda bisa menenangkan diri terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan menghela nafas yang panjang dan menghembuskannya secara perlahan, maka hal ini akan membuat pikiran anda menjadi tenang. Jika perlu berceritalah kepada orang terdekat tentang rasa frustasi yang dialami.

3. Berbicara Lantang Pada Diri Sendiri

Cara lain yang bisa anda lakukan dalam mengatasi frustasi adalah dengan berbicara lantang dengan diri sendiri. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk meyakinkan diri bahwa semua hal akan baik baik saja. Dengan memberikan sugesti yang positif terhadap diri sendiri, maka secara tidak langsung hal tersebut akan mengurangi rasa frustasi dan membuat anda menjadi lebih tenang.

4. Tidak Terlalu Memikirkannya

Selain itu, untuk menjaga kondisi kesehatan mental dan menghindari terjadinya frustasi pada diri, maka anda perlu memiliki sifat bodo amat. Dengan tidak terlalu memikirkan hal yang dapat membuat frustasi maka hal ini akan membuat anda bangkit dan bersemagat dalam menjalani hidup.

Tak hanya itu saja, untuk mengelola rasa frustasi yang ada di dalam diri, anda perlu memikirkan hal dengan sudut pandang positif. Dengan begitu anda dapat mengambil pelajaran dan pengalaman dari hal – hal yang membuat anda merasa frustasi.

Sumber :
www.alodokter.com : https://www.alodokter.com/cara-positif-mengelola-rasa-frustasi-dan-emosi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest