Simak! Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan

Setiap orang pasti memiliki rasa cemburu kepada pasangannya. Hal ini wajar karena seseorang mencintai pasangannya. Namun apabila rasa cemburu tersebut berlebihan maka akan berdampak tidak baik pada suatu hubungan. Bisa terjadi ketidak harmonisan dan pertengkaran, hingga yang paling parah jika keduanya memutuskan berpisah.

Psikolog Personal Growth, Gracia Ivonika mengatakan jika kurangnya rasa percaya dan saling melindungi dalam hubungan dapat menimbulkan rasa cemburu. Jika perasaan cemburu semakin besar, bisa membentuk sifat posesif.

Agar perasaan cemburu tidak berlanjut menjadi sifat posesif, berikut ini cara untuk mengatasinya.

1. Percaya Kepada Pasangan

Untuk menjaga kepercayaan pasangan, tidak ada salahnya untuk saling terbuka dalam hal apapun. Pasangan akan terhindar dari prasangka – prasangka buruk dalam pikirannya. Jika antara pasangan saling terbuka maka akan terjalin komunikasi yang sehat dalam menghadapi suatu permasalahan sehingga cepat untuk diselesaikan.

Sebelum kecemburuan meningkat, alangkah baiknya jika anda meminta penjelasan tentang hal yang memicu perasaan tersebut agar semuanya menjadi jelas kebenarannya. Namun lakukan dengan sikap tenang, lembut dan tidak menghakimi. Buatlah pasangan mengerti dan memahami apa yang anda rasakan sehingga pasangan dapat menjaga sikap yang semestinya kepada orang yang membuat cemburu.

2. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri Dan Orang Lain

Rasa cemburu bisa hadir dari rasa percaya diri yang rendah. Misalnya anda merasa kurang menarik jika dibandingkan dengan orang lain. Kemudian anda akan berpikir bahwa pasangan lebih memperhatikan orang lain karena orang tersebut lebih menarik dari anda. Oleh karena itu anda harus lebih percaya diri dan tidak membandingkan dengan orang lain. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan begitu juga dengan anda.

Anda perlu tahu mengapa pasangan menyukai anda dari awal bertemu hingga ke jenjang yang lebih serius. Jangan ragu untuk meminta penegasan dan apresiasi akan hal itu. Jadi saat anda cemburu, ingatlah jika pasangan masih setia bersama anda.

3. Mengabaikan Perasaan Cemburu Karena Pengalaman Masa Lalu

Seseorang dapat merasa cemburu karena kejadian masa lalu seperti pernah disakiti dan ditinggalkan oleh pasangan. Jangan menyamakan pasangan yang dulu pernah menyakiti anda dengan pasangan saat ini. Cobalah untuk memaafkan dan melupakannya sehingga anda bisa membuka lembaran baru.

Rasa cemburu yang berlebihan hanya akan menghabiskan waktu anda dengan sia – sia karena pikiran buruk yang belum tentu kebenarannya. Hal itu hanya akan membuat anda stres dan tidak tenang. Oleh karena itu setiap pasangan harus bisa menjaga kepercayaan, bersikap jujur dan saling terbuka satu sama lain sehingga rasa cemburu yang muncul tidak merusak hubungan yang telah terjalin.

Sumber :
detik.com : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4853523/tips-psikolog-untuk-atasi-cemburu-agar-tidak-posesif?_ga=2.128654597.827789976.1581163643-1088903966.1557650888
detik.com : https://wolipop.detik.com/love/d-4661684/cara-menghilangkan-rasa-cemburu-yang-berlebihan
id.theasianparent.com : https://id.theasianparent.com/cara-menghilangkan-rasa-cemburu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest