Agar Tidak Semakin Parah, Yuk Intip Cara Mengatasi Bad Mood Secara Cepat

Bad mood merupakan suatu kondisi dimana hati merasa tidak nyaman. Menurut dokter Kevin Adrian, bad mood terjadi karena adanya perubahan hormon menjelang menstruasi, tuntutan kerja, sedang lapar atau adanya tekanan hidup. Kondisi bad mood dapat mengganggu aktivitas dan konsentrasi, bahkan membuat hubungan dengan orang lain semakin memburuk sehingga tidak baik untuk kesehatan mental. Berikut ini cara mengatasi bad mood.

1. Mencoba Tersenyum

Salah satu cara mengatasi suasana hati yang buruk adalah dengan tersenyum. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa yang sedang mengerjakan soal yang berpotensi stres, ditemukan hasil yang berbeda antara mahasiswa yang sedang mengerjakan dengan senyum dan tidak. Seseorang yang tersenyum akan lebih mudah menurunkan tingkat stres dibandingkan dengan mereka yang memasang wajah datar.

Membiarkan diri berlarut dalam keadaan bad mood dapat menyebabkan kesehatan mental terganggu. Hal ini dapat menyebabkan penderitanya dikelilingi aura negatif. Anda dapat mencoba tersenyum dan tertawa dengan membaca buku atau melihat video yang lucu. Ketika seseorang tertawa, maka tubuh akan melepaskan hormon dopamin yang dapat menimbulkan rasa bahagia.

2. Melakukan Hal yang Positif

Bad mood dapat dihilangkan dengan cara melakukan kegiatan yang positif seperti berbuat kebaikan. Melakukan kebaikan kepada orang lain dapat dilakukan dengan cara memberi sedekah, menolong orang tua yang sedang menyebrang jalan atau memberi makan anak jalanan. Selain itu anda dapat melakukan aktivitas positif lain seperti melakukan travelling atau jalan-jalan, berkebun dan olahraga. Dengan melakukan hal-hal yang positif, seseorang akan lebih merasa bahagia.

Mood yang buruk juga dapat disebabkan oleh harapan yang tidak sesuai. Keadaan ini biasanya memicu seseorang untuk menyalahkan keadaan dan menganggap semua yang terjadi tidak adil baginya. Bersyukur dapat menjadikan seseorang lebih menerima keadaan yang ada dan kesehatan mentalnya membaik.

Bad mood dapat memberikan dampak yang negatif bagi tubuh. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh bad mood diantaranya migrain, sakit badan, sakit gigi dan mual. Jika anda mengalaminya, sebaiknya kendalikan emosi agar hubungan dengan teman anda atau orang lain tidak memburuk. Selain itu, anda dapat mengatasi bad mood dengan mencoba tersenyum dan melakukan ha-hal yang positif.

Sumber :
www.merdeka.com : https://www.merdeka.com/sehat/hilangkan-stres-hanya-dalam-2-menit-ini-caranya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest