Perhatikan! Cara Mencegah Gangguan Kesehatan Mental Pada Anak

Sebuah studi yang dikutip dari JAMA Pediatrics menyebutkan bahwa sekitar 16,5 persen anak di Amerika Serikat terkena gangguan mental, namun setengahnya tidak menerima pengobatan dengan baik. Oleh karena itu sebelum terjadi, ada baiknya jika orang tua dapat melakukan pencegahan sejak dini.

Sebagai orang tua, tentu sakit hatinya ketika melihat sang buah hati mengalami gangguan mental di usianya yang dini. Agar gangguan mental ini tidak terjadi pada si kecil, banyak orang tua yang melakukan apa saja. Sebab, kesehatan mental sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan di kehidupannya mendatang. Ada beberapa cara yang ampuh untuk mencegah gangguan mental pada anak, berikut ulasannya.

Cara Mencegah Gangguan Mental Pada Anak

1. Berpartisipasi Aktif Dalam Pergaulan

Beberapa gangguan mental memang bisa dicegah, namun tidak semuanya. Salah satu langkah pecegahan yang bisa dilakukan oleh para orang tua, adalah membiarkan si kecil berpartisipasi aktif dalam pergaulan. Biarkan si kecil ekspolari tentang kegiatan yang disenanginya sendiri, sehingga buah hati akan mempelajarainya sendiri sesuai dengan nalurinya. Ajari si kecil asiknya berbagi dengan sesama, tanpa mengambil imbalan tertentu.

Agar kegiatan pencegahan semakin menyenangkan, bisa membawa si kecil berolahraga ringan secara teratur. Misalnya dengan mengajaknya berjalan santai di sore hari atau mengajaknya ke car freeday setiap minggunya. Disana, si kecil bisa berkomunikasi dengan orang sekitarnya. Anda juga bisa membawanya mengikuti serangkaian lomba, untuk mengasah kreatifitas dan komunikasi pada publik. Semakin aktif si kecil berpartisipasi, gangguan mental akan terbuang jauh.

2. Kurangi Kebiasaan Buruk Jika Berada Dekat Dengan Anak

Biasanya, para orang tua masih terbawa dengan kebiasaannya pada masa lampau. Jika dahulu merokok dan mengkonsumsi minuman berakohol merupakan bagian dari gaya hidup setiap harinya, hendaknya mulai dikurangi demi kesehatan mental si kecil. Ditakutkan, si kecil akan melihat kebiasaan buruk tersebut dan menirunya kelak di masa depan. Tentu saja hal ini bukanlah hal yang baik untuk ditiru, namun anak sudah terlanjur menyimpannya dalam memori.

Mengajarkan anak pada kebaikan sejak dini, merupakan hal yang sangat mulia sebagai orang tua. Selain untuk membiasakan sikap yang baik, kebiasaan ini mencegah adanya gangguan mental pada si kecil. Sebab, banyak anak di Indoensia yang sudah mengalami gangguan mental sejak dini, dengan faktor terbesar berasal dari orang tuanya sendiri. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat anak bukanlah tempat pelampiasan dan masa depan bangsa semakin terancam.

Sumber :
www.cnnindonesia.com : Kenali Gejala Gangguan Mental pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest