Cara Memaafkan Orang Lain & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bagi sebagian orang, memaafkan seseorang yang berbuat salah dan menyakiti hati adalah hal yang sulit dilakukan. Terkadang seseorang memaafkan orang lain hanya sekedar ucapan belaka. Namun dalam hatinya masih ada rasa marah dan kecewa.

Banyak hal yang bisa menimbulkan luka dihati. Luka yang membekas dalam ingatan akan dapat mengganggu kehidupan. Jika dibiarkan maka bisa timbul rasa dendam sehingga akan sulit untuk memaafkan. Memaafkan bukan berarti melupakan perbuatan orang yang menyakiti, tetapi melepaskan rasa dendam yang dirasakan sehingga tenang dalam menjalani kehidupan.

Penting bagi seseorang benar-benar memaafkan dengan ucapan dan dari hati yang paling dalam. Hal ini karena perilaku memaafkan, baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Penelitian di Luther College, Lowa menyebutkan bahwa seseorang yang cenderung memaafkan diri sendiri dan orang lain dapat terlindung dari stres dan penyakit mental. Lorent Toussaint, Profesor psikologi dari Luther College, Lowa mengatakan seseorang yang sulit memaafkan tidak memiliki pelindung dari stres.

Bagaimana caranya agar bisa memaafkan kesalahan orang lain? Untuk Lebih jelasnya mari simak ulasan berikut.

Cara memaafkan orang lain

Cara Memaafkan Orang Lain & Manfaatnya Bagi Kesehatan
Ilustrasi : Saling memaafkan

1. Ungkapkan apa yang Anda rasakan

Bicaralah kepada yang bersangkutan jika perkataan atau perbuatannya menyakiti perasaan Anda. Perasaan Anda akan menjadi lebih lega setelah mengungkapkannya. Dengan begitu Anda akan lebih mudah memaafkan kesalahannya. 

2. Berpikir dari sudut pandang orang lain

Berpikirlah jika Anda dalam posisi orang yang melakukan kesalahan. Anda akan mengetahui apa penyebab orang tersebut berbuat kesalahan. Dengan begitu Anda akan memahami keadaan dan situasi yang membuat seseorang melakukan kesalahan. Akhirnya Anda akan lebih mudah memaafkannya.

3. Ikhlas memaafkan

Anda mungkin sudah memaafkan orang lain. Namun masih tersisa rasa sakit hati akibat kesalahan yang dilakukan. Sebenarnya hal tersebut wajar. Tetapi Anda harus berusaha memaafkan orang lain sepenuhnya. Setelah hati Anda berhasil ikhlas memaafkan kesalahannya, perasaan Anda Akan menjadi lebih tenang dan bahagia.

4. Hilangkan pikiran untuk balas dendam

Hindarkan diri dari pikiran untuk membalas dendam. Semakin Anda ingin membalas dendam maka akan semakin sulit untuk memaafkan. 

Akibat tidak memaafkan orang lain

Jika Anda tidak bisa memaafkan orang lain, maka bisa berdampak pada hubungan sosial dan kesehatan mental. Berikut ini berbagai masalah yang bisa muncul.

1. Timbul stres dan kecemasan

2. Hidup menjadi tidak tenang karena terbayang kesalahan orang lain

3. Emosi masa lalu terbawa saat berada pada hubungan yang baru

4. Hubungan dengan orang lain menjadi retak

5. Merasa menjalani hidup tanpa arah dan tujuan

Manfaat memaafkan orang lain

1. Mengurangi stres dan kecemasan

2. Imun tubuh meningkat

3. Kesehatan mental membaik

4. Tekanan dalam pikiran berkurang

5. Menurunkan resiko terkena depresi

6. Menurunkan tekanan darah

7. Menyehatkan jantung

Lalu bagaimana jika orang yang berbuat salah tidak berubah? Anda tidak perlu memikirkannya. Tujuan dari memaafkan orang lain adalah bukan untuk mengubah ucapan atau perilakunya. Berpikirlah dampak baik yang dirasakan. Hidup Anda akan menjadi lebih damai, tenang, bahagia serta kesehatan mental terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest