Galakkan Body Positivity untuk Hidup Lebih Percaya Diri

Sebagian kalangan masyarakat mendefinisikan standar tubuh yang bagus adalah langsing, tinggi, kulit glowing, dan sebagainya. Persepsi ini yang merasuki pikiran seseorang menjadi terobsesi untuk mengubah penampilan sesuai bentuk yang ditentukan sehingga menjadi merasa tertekan dan tidak menerima apa adanya. Pengaruh media terutama media sosial juga berperan untuk membuat seseorang menganggap dirinya kurang sempurna jika dibandingkan yang lain.

Body positivity adalah prinsip yang membuat seseorang menerima dan mencintai tubuh apa adanya. Body positivity juga bermakna bahwa seseorang berhak mendapatkan penilaian tubuh yang baik meskipun orang lain menganggap hal itu kurang sempurna. Body positivity sangat penting karena dapat membangun kepercayaan diri seseorang terhadap tubuhnya dan berhenti untuk selalu bergantung kepada standar yang ditentukan masyarakat yang terkadang tidak realistis.

Penilaian citra tubuh yang negatif biasanya bermula saat masa anak – anak yang sering mendapat ejekan dari orang lain karena bentuk tubuh atau sering disebut body shaming. Penilaian ini pun terbawa hingga dewasa. Apalagi media yang sangat berperan dalam mempengaruhi persepsi masyarakat bahwa tubuh yang ideal itu harus langsing, putih, tinggi dan sebagainya.

Sekarang banyak orang yang berpikir jika bentuk penampilan bukanlah tolak ukur untuk menilai daya tarik seseorang. Gerakan mencintai tubuh sendiri dengan body positivity ini telah banyak disampaikan oleh publik figur di media sosial. Hal tersebut sangat berpengaruh besar kepada banyak orang karena mereka merasa mendapatkan dukungan dan empati.

Ada beberapa cara dalam menerapkan prinsip body positivity. Simak ulasan berikut.

1. Jadilah diri sendiri

Dalam menerapkan prinsip body positivity anda harus berpikir dan bertindak tanpa iri melihat penampilan dan standar orang lain karena setiap orang diciptakan dengan bentuk yang berbeda maka anda harus percaya diri tanpa memikirkan opini orang, baik secara langsung atau melalui dunia maya.

2. Saling mendukung dan menyebarkan citra positif

Selain kepada diri sendiri, body positivity juga perlu ditularkan kepada orang lain sehingga mereka merasakan dampak positif dan juga keluar dari rasa tertekan. Cara yang cukup mudah ialah menyebarkannya melalui media sosial karena media sangat berpengaruh terhadap persepsi seseorang dalam menilai sesuatu. Dalam kasus ini dapat membuat seseorang berpikir untuk tidak menilai seseorang hanya dari fisik semata dan bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan.

Namun tidak jarang prinsip ini disalahgunakan menjadi alasan untuk tidak peduli dengan kesehatan diri. Contohnya jika seseorang mengalami obesitas. Dalam keadaan ini anda tidak boleh membiarkan terjadi karena alasan body positivity dan mengabaikan kesehatan. Jika terus dibiarkan dan tidak mengubah pola kehidupan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Menerapkan prinsip body positivity memang tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus berusaha dan percaya diri serta membagikan prinsip tersebut kepada banyak orang. Tetapi jangan menjadikan body positivity sebagai alasan sehingga kesehatan anda menjadi terabaikan karena dampak meremehkan pola hidup yang tidak sehat.

Sumber :
hellosehat.com : https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/body-positivity-tidak-cinta-tubuh-sendiri/
kumparan.com : https://kumparan.com/kumparanstyle/body-positivity-indonesia-wadah-baru-untuk-gerakan-mencintai-diri-1551338097285887139
hellosehat.com : https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/body-positivity-adalah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest