Berbagai Jenis Terapi untuk Atasi Gangguan Kesehatan Mental

Salah satu metode yang dikenal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan mental seperti depresi, gangguan cemas hingga stres berat sering kali disebut dengan psikoterapi. Langkah penanganan ini pada umumnya akan dilakukan oleh seorang psikolog maupun psikiater. Ada berbagai macam jenis terapi yang bisa anda jalani ketika sedang mengalami fase tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

Jenis Psikoterapi Yang Sering Kali Dilakukan Oleh Psikiater Maupun Psikolog
1. Terapi Interpersonal

Jenis terapi satu ini biasanya akan menuntun pasien untuk bisa memahami dan mengevaluasi tentang cara pasien dalam membangun sebuah hubungan. Baik itu hubungan dengan pasangan, sahabat, keluarga maupun rekan kerja. Tujuan terapi ini adalah untuk membantu pasien agar dapat menjadi lebih peka ketika berinteraksi dan juga menyelesaikan konflik dengan orang lain.

2. Hipnoterapi

Banyak hal yang bisa menyebabkan kesehatan mental terganggu, mulai dari depresi dan juga stres yang berlebihan. Untuk itu, terapi ini dilakukan untuk membantu pasien agar nantinya bisa mengendalikan perilaku, pola pikir dan juga emosi menjadi lebih baik. Metode satu ini memanfaatkan hipnosis untuk membuat pasien menjadi lebih rileks. Hal ini tentu saja bertujuan untuk membantu pasien meredakan stres dan menghentikan kebiasaan buruk yang dilakukannya.

3. Terapi Perilaku Kognitif

Ada pula bentuk terapi lain yang bisa dilakukan yakni terapi perilaku kognitif. Tujuan dari terapi ini yaitu untuk memberikan evaluasi terhadap perilaku, emosi dan juga pola pikir yang dapat menjadi sumber masalah dari pasien. Dalam terapi ini, nantinya psikolog tersebut akan bisa melatih pasien untuk merespon sumber masalah dengan cara yang positif.

Contohnya ketika dulu pasien sering mengatasi stres dengan cara merokok ataupun mengonsumsi minuman beralkohol, maka dengan adanya terapi perilaku kognitif pasien akan dilatih agar bisa merespon stres dengan hal yang positif. Hal yang positif itu dapat dilakukan dengan cara meditasi maupun berolahraga.

4. Terapi Psikoanalitik dan Psikodinamik

Selain itu juga terdapat bentuk terapi lain dengan cara menuntun pasien untuk melihat ke alam bawah sadarnya. Nantinya pasien akan diajak untuk menggali berbagai kejadian dan juga masalah yang selama ini telah terpendam. Dengan begitu, pasien dapat memahami tentang arti dari setiap kejadian yang telah dialaminya. Hal ini pun akan membuat pasien bisa mengatasi masalah kesehatan mental yang menghampirinya.

Dengan melakukan berbagai macam terapi tersebut, maka nantinya perlahan-lahan pasien akan bisa sembuh dan keadaannya berangsur-angsur membaik. Namun setiap hasil psikoterapi ini nantinya pasti akan berbeda setiap individu sehingga jenis psikoterapi tertentu mungkin saja akan cocok dengan keadaan pasien dan belum tentu efektif jika dilakukan pada pasien yang lain.

Sumber :
www.alodokter.com : https://www.alodokter.com/psikoterapi-untuk-mengatasi-gangguan-kesehatan-mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest