Ada 3 Tipe Kepribadian Manusia, Kenali Satu Per Satu

Kepribadian manusia merupakan sesuatu yang terbilang kompleks. Perbedaannya dikarenakan berbagai faktor, contohnya pengaruh genetik dan lingkungan. Setiap individu memiliki kepribadian khas tersendiri, tidak dapat disamakan dengan individu lain. Namun perlu diketahui bahwa terdapat tiga tipe kepribadian yang secara umum dimiliki oleh manusia. Di antaranya ekstrovert, introvert, dan ambivert. Untuk selengkapnya simak penjelasan berikut:

Berikut 3 Tipe Kepribadian Manusia Secara Umum

1. Ekstrovert

Tipe kepribadian ekstrovert merupakan jenis individu yang merasa nyaman apabila berada di lingkungan ramai. Atau dalam kata lain menyukai interaksi sosial.

Bagi seorang ekstrovert, ia akan mendapatkan lebih banyak energi jika di sekelilingnya terdapat banyak orang. Tak heran mereka bisa begitu mudah berbaur dengan orang lain.Bahkan pada orang yang baru dikenal sekalipun, ia dapat dengan mudah membuka obrolan sekaligus mencairkan suasana.

Seorang ekstrovert kurang menyukai kesendirian. Baginya kesendirian merupakan hal yang membosankan. Selain itu, seorang ekstrovert terkadang juga tak mudah fokus ketika sedang sendiri. Hal ini karena otak mereka lebih responsif saat bersama orang lain.

Sifatnya yang lebih mudah berinteraksi dengan orang lain menjadikan ekstrovert terkesan ramah dan ceria. Seorang ekstrovert dapat digambarkan sebagai orang yang seringkali mengajak teman-temannya untuk berkumpul ataupun mendatangi suatu acara.

2. Introvert

Kebalikan dari ekstrovert, kepribadian introvert cenderung lebih mudah mendapatkan mendapatkan energi apabila sedang sendiri. Dia menyukai ketenangan, dan tidak banyak orang terlibat dalam kehidupannya. Seorang introvert menyukai kesendirian, karena dengan begitu mereka lebih mudah berkonsentrasi terhadap sesuatu yang dikerjakan.

Dalam berteman, seorang introvert memang dapat terlihat canggung bersama orang baru. Ia mengalami kesulitan saat berinteraksi sosial dan cenderung hati-hati dalam memilih teman. Hal ini yang menjadikan seorang introvert tidak memiliki banyak teman, hanya segelintir saja, tetapi semuanya bisa mereka percayai.

Seorang berkepribadian introvert seringkali memikirkan banyak hal secara mendalam. Baik itu hal penting maupun sebenarnya kurang berpengaruh bagi kehidupannya. Ini juga menjadikan seorang introvert kurang menyukai obrolan ringan atau basa-basi. Mereka akan lebih tertarik apabila membicarakan tentang sesuatu secara intens.

3. Ambivert

Ambivert adalah tipe kepribadian yang memiliki keseimbangan antara ekstrovert dan introvert. Perlu diketahui bahwa tipe kepribadian ekstrovert introvert merupakan sebuah spektrum yang sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung individu dalam beradaptasi terhadap lingkungannya. Maka dari itu ambivert digambarkan berada di antara ekstrovert dan introvert.

Seorang dengan kepribadian ambivert dapat merasa nyaman di berbagai situasi, baik situasi ramai maupun saat sendiri. Dapat mudah menyesuaikan kepribadiannya dengan lingkungan sekitar. Perolehan energi dapat bersumber dari interaksi sosial maupun saat sendiri.

Dalam berteman, seorang ambivert dapat terkesan canggung saat bersama orang baru. Namun ia juga dapat menunjukkan keramahan dan keceriaan khas ekstrovert ketika bersama orang yang sudah dikenal.

Fakta – Fakta Menarik Terkait Tipe Kepribadian

Ilustrasi: menyendiri

1. Ekstrovert tidak selalu ahli public speaking

Memang kepribadian ekstrovert seringkali dianggap sebagai orang yang mudah berinteraksi dengan orang lain. Namun bukan berarti semua ekstrovert pandai dalam hal public speaking.

Bahkan seorang introvert yang dinilai menyukai kesendirian dan cenderung lebih pendiam juga dapat memiliki kemampuan publik speaking yang baik. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, seperti perasaan gugup atau ketidaksiapan.

2. Introvert tidak selalu menyukai kesendirian

Banyak orang berpikir introvert hanya menyukai kesendirian. Umumnya digambarkan seperti seseorang yang gemar duduk di ujung ruangan sambil sibuk mengerjakan aktivitasnya seorang diri.

Namun nyatanya seorang introvert juga membutuhkan interaksi dengan banyak orang. Hanya saja mereka baru akan merasa nyaman apabila berada di perkumpulan yang familiar bagi mereka. Dan ketika mulai merasa lelah berinteraksi, ia membutuhkan waktu luang untuk dirinya sendiri.

3. Seorang ekstrovert juga merupakan pendengar yang baik

Anda mungkin menganggap orang berjiwa ektrovert tinggi lebih menyukai berbicara daripada mendengarkan. Hal tersebut merupakan anggapan yang salah. Nyatanya kemampuan seseorang dalam mendengarkan orang lain tidak dapat dinilai dari kepribadian orang tersebut, tetapi berasal dari pola pikir.

4. Introvert berbeda dengan antisosial

Kepribadian introvert sepenuhnya berbeda dengan anggapan bahwa orang tersebut bersifat antisosial. Introvert merupakan tipe di mana seseorang akan mendapatkan energinya apabila berada dalam kondisi minim interaksi. Sedang antisosial merupakan sikap yang sepenuhnya menarik diri dari interaksi dan pergaulan.

5. Ekstrovert bukan berarti tidak punya masalah

Sikap ekstrovert memang digambarkan sebagai pribadi yang ceria dan heboh. Namun bukan berarti mereka bersikap seperti itu karena terbebas dari masalah. Seorang ekstrovert akan justru memperlihatkan sisi positif dan bahagianya untuk menghalau kesedihan yang dialami.

6. Introvert tidak sepenuhnya membenci keramaian

Keramaian seperti pada acara pesta maupun konser tentu akan sangat menyenangkan. Bagi seorang introvert, kondisi semacam itu pun bisa begitu menyenangkan.

Tidak selamanya introvert ingin terjebak dalam ruangannya sendiri, ia juga dapat tertarik menghadiri konser musik. Namun seorang introvert cenderung memilih pergi bersama teman terdekat atau tepercaya, karena itu lebih membuatnya nyaman dibandingkan bersama orang yang baru dikenalnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai tiga tipe kepribadian secara umum beserta fakta-fakta uniknya. Carl Jung, penggagas ide jenis-jenis kepribadian ini menyatakan bahwa setiap orang dapat menunjukkan sisi ekstrovert dan introvert. Namun kecenderungan terhadap salah satu tipe tersebut sangat memungkinkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest