6 Ciri Orang Berkepribadian Kuat, Kamu Termasuk?

Weakness of attitude, become weakness of character – Albert Einstein

Kepribadian seseorang merupakan hal yang unik dan berbeda antara satu sama lain. Kepribadian seseorang dapat tercermin, utamanya dari tingkah laku. Karakter kuat tentu juga merupakan hal yang paling diinginkan sebagian besar orang. Karakter semacam ini berperan penting dalam proses perkembangan diri ke arah yang lebih baik. Lalu bagaimana ciri-ciri orang berkepribadian kuat? Berikut uraian singkatnya.

6 Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Kuat

1. Tidak Mudah Takut

Orang yang memiliki karakter kuat cenderung menganggap sebuah tantangan sebagai bentuk dari kesempatan untuk memaksimalkan potensi diri. Tantangan memang kadang membuat ragu, sehingga tak jarang seseorang justru lari menghindarinya. Namun berbeda dengan mereka yang berkepribadian kuat, ia berusaha untuk tetap menghadapinya.

2. Selektif dalam Memilih Teman

Lingkup pertemanan merupakan hal yang berpotensi memberikan banyak pengaruh pada diri seseorang. Maka dari itu, seringkali orang tua kita menganjurkan untuk berhati-hati dalam memilih teman. Seseorang yang memiliki karakter yang kuat cenderung selektif dan bijak dalam memilih lingkup pertemanan. Ia berusaha untuk tetap mempertahankan orang-orang yang dapat memberikan pengaruh positif bagi dirinya.

3. Tidak Tertarik dengan Sorotan

Seseorang berkarakter kuat lebih fokus bertindak pada hal yang dianggapnya benar, daripada untuk mendapatkan perhatian orang lain. Menurutnya, ada hal yang lebih baik untuk dilakukan daripada hanya sekedar menjadi sorotan.

4. Tidak Mudah Terpengaruh

Kepribadian kuat adalah pribadi yang tidak mudah terpengaruh oleh anggapan orang lain. Ia cenderung mempertahankan prinsip yang dimiliki dan tidak mudah goyah. Pendirian kuat inilah yang terkadang membuatnya disegani. Begitu pula jika ia mengetahui ada orang tidak suka padanya. Ia akan bersikap wajar karena telah menyadari sejak awal bahwa mustahil semua orang menyukai satu hal yang sama.

5. Pantang Mengeluh

Ciri selanjutnya adalah tidak mudah mengeluh. Seseorang dengan kepribadian kuat akan cenderung bekerja keras dalam meraih hal yang paling diinginkannya. Ia akan menerima dan menikmati proses yang dilewati, serta berusaha untuk melakukannya dengan sebaik mungkin.

6. Pendengar yang Baik

Seseorang dengan senang hati mau mendengarkan pendapat atau cerita dari orang lain, kemungkinan besar ia berkepribadian kuat. Walaupun kadang terkesan seperti orang yang tak mudah bersimpati, tetapi ia justru memiliki kemampuan lebih dalam mendengarkan orang lain. Segala hal tak selalu tentang dirinya sendiri. Dan lewat mendengarkan, ia juga dapat belajar banyak dari pengalaman orang lain.

Menjadi pribadi yang memiliki karakter kuat tentu merupakan harapan sebagian besar orang. Semoga uraian di atas bisa Anda jadikan referensi, untuk mulai menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Sumber:

https://travel.tribunnews.com/amp/2018/11/08/8-sifat-ini-cerminkan-dirimu-pribadi-yang-menarik-dan-kuat-apakah-kamu-termasuk?page=2&_ga=2.102133697.156447302.1593414270-840355887.1581944734

https://www.idntimes.com/life/inspiration/stella/7-tanda-orang-berkepribadian-kuat-1/7

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3279838/kepribadian-kuat-ditandai-dengan-5-hal-ini-ada-di-anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest