5 Kiat Sembuh dari Kecanduan Nonton Film Porno

Anda suka nonton film porno? Awas! Kalau itu dibiarkan tak terkendali, bisa-bisa Anda kecanduan menonton film porno.Akibatnya mungkin tidak terasa dalam waktu dekat. Tapi ketika sudah kecanduan, Anda bisa saja mengalami penurunan produktivitas, perubahan cara pandang terhadap lawan jenis dan citra fisik, menjadi obsesif, sehingga berisiko memunculkan gangguan terhadap kesehatan mental.

Anda tak mau jadi seperti itu, bukan? Untuk itulah Anda perlu menyimak uraian berikut.

Cara Sembuhkan Diri dari Kecanduan Film Porno

Kiat-kiat berikut disusun berdasarkan terapi yang dilakukan oleh Psikolog Elis Suci Prapita Sari Abdullah dari @insight.idn dan @get.kalm terhadap salah satu pasiennya. Pasien tersebut mengalami kesulitan dalam mengontrol dirinya untuk menonton film porno, sehingga aktivitas hariannya menjadi terganggu.

Mendiskusikan Masalah

Pada tahap awal, psikolog mewawancara pasien mengenai masalah yang dihadapinya. Berdasarkan wawancara tersebut, psikolog kemudian mengajak pasien berdiskusi terkait masalah tersebut. Lalu psikolog akan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi pada diri si pasien dan mengajaknya untuk menentukan tujuan dari terapi yang akan dilakukan.

Jika kesulitan menemui psikolog atau psikiater, Anda harus berusaha mencari cara untuk dapat menceritakan masalah kecanduan film porno tersebut kepada orang paling dipercaya. Akan lebih baik jika orang tersebut masih berhubungan keluarga dengan Anda, serta sudah memiliki kematangan dalam berpikir atau telah dewasa.

Dalam beberapa kasus, sosok tepercaya itu mungkin akan langsung memahami maksud Anda. Tapi Anda pun harus siap jika ternyata teman berdiskusi Anda tersebut cenderung menghakimi. Maka dari itu, sebelum bercerita dan mendiskusikan masalah, niat Anda harus benar-benar bulat. Tekatkan dan yakinkan diri Anda bahwa apapun yang terjadi, Anda harus sembuh.

Diskusi ini dimaksudkan agar Anda dapat menemukan pemicu dari aktivitas menonton film porno. Kapan saja, atau pada momen seperti apa seringnya Anda mengakses internet untuk mencari konten porno. Pada pasien terapi tadi, perilaku tersebut umumnya terjadi saat dia sedang sendiri, memiliki banyak waktu luang, atau kombinasi antara keduanya.

Ilustrasi : Konsultasi Psikologi
Ilustrasi : Konsultasi Psikologi

Menegaskan Komitmen

Tanpa komitmen yang tegas, niat sebaik apapun tidak mungkin berjalan maksimal. Agar lebih berkomitmen, jangan ragu untuk memberi semangat pada diri sendiri. Metode self-talk dapat menjadi salah satu cara agar Anda lebih berani dan antusias dalam mengubah kebiasaan buruk itu, meski secara berangsur-angsur.

Sebuah penelitian di University of Lethbridge, Kanada, menemukan bahwa mahasiswa yang terbiasa bicara dengan diri sendiri mudah memperoleh perspektif baru, serta mampu bereaksi dan bersikap lebih positif.

Lisa Ferentz, psikoterapis sekaligus penulis di PsychologyToday, juga menjelaskan bahwa self-talk yang dilakukan dengan suara keras dapat memberikan lebih banyak kekuatan dan keberanian dalam menghadapi tantangan.

Dalam proses menghilangkan kecanduan, mungkin Anda akan mengalami fase-fase yang tidak nyaman. Pada pasien terapi tadi, psikolog menganjurkannya untuk membuat daftar keuntungan jika dia berhenti menonton tayangan film dewasa. Itu dapat membantunya memotivasi diri dan memiliki keinginan kuat untuk berubah. Sehingga segala ketidaknyamanan yang mungkin timbul dapat teratasi dengan baik.

Ingat, semua butuh komitmen. Anda harus bisa melawan keinginan buruk itu sekuat tenaga.  Hentikan self-talk yang kontraproduktif, seperti “Tidak apa-apa dicoba sekali,” karena itu akan menjadi bumerang.  

Membuat Jadwal Aktivitas Harian

Masalah keranjingan nonton film porno sebenarnya diakibatkan karena kurangnya kontrol diri. Maka dari itu pasien diajarkan mengenai keterampilan untuk mengendalikan diri ketika keinginan tersebut muncul. Salah satu caranya adalah dengan membuat jadwal aktivitas sehari-hari, melakukan manajemen waktu yang tepat, dan mematuhinya secara disiplin.

Jadwal aktivitas produktif yang begitu padat memungkinkan seseorang untuk terhindar dari kebiasaan buruk. Jika hal itu dilakukan secara disiplin dan terus-menerus, bukan tidak mungkin dirinya akan melupakan sama sekali kenyamanan saat melakukan tindakan tersebut. Sampai kebiasaan itu benar-benar hilang dari hari-harinya.

Ilustrasi : Menulis buku harian

Bagaimanapun, psikolog tidak melepas begitu saja si pasien dengan jadwal hariannya. Secara berkala, catatan pelaksanaan jadwal aktivitas dievaluasi untuk mencari tahu seberapa efektifnya cara tersebut, berikut kendala-kendala yang muncul.

Bagi Anda yang tidak memperoleh bantuan psikolog, usahakan Anda memiliki orang dekat yang siap untuk diajak berdiskusi terkait hal ini. Setidaknya dia dapat memberikan penilaian tentang kiat penjadwalan dan disiplin yang tengah Anda lakukan. Dan ingat, Anda pun harus menaruh kepercayaan penuh padanya.  

Kiat Teknis atasi Kecanduan Film Porno

Ambil gawai yang biasa Anda gunakan untuk mengakses film dewasa. Jika memori smartphone atau laptop Anda menyimpan sejumlah koleksi pornografi, segera hapus seluruhnya sampai tidak tersisa. Lalu buka aplikasi browser untuk menghapus riwayat pencarian dan halaman-halaman situs tersimpan yang berkaitan dengan pornografi.

Begitu pula dengan akun media sosial yang Anda miliki. Pastikan Anda tidak mengikuti lagi akun-akun berbau pornografi. Mungkin Anda juga perlu melakukan detoks media sosial untuk sementara waktu dan mulai membiasakan diri beraktivitas produktif.

Bila perlu, cari informasi tentang cara memblokir konten pornografi. Beberapa aplikasi pencarian internet telah menyertakan pengaturan untuk berhenti menampilkan konten yang tidak diinginkan kepada penggunanya. Selain itu, telah banyak pula aplikasi khusus yang dikembangkan demi menjauhkan pengguna internet dari konten-konten tak pantas.

Berikan Apresiasi pada Diri Sendiri

Anda sedang dalam proses memperbaiki kebiasaan buruk, sehingga semangat itu perlu dijaga. Buatlah jurnal personal yang berisi segala pencapaian Anda selama mengatasi kecanduan. Dengan begitu Anda tahu kapan waktunya memberikan penghargaan lebih kepada diri sendiri.

Sebagai contoh, Misalnya setelah dua minggu menerapkan self-talk dan disiplin menjalankan jadwal, senangkan diri Anda dengan sesuatu yang positif, seperti menonton bioskop, pergi ke restoran enak, atau tempat wisata terdekat. Kemudian tentukan target baru dan janjikan hadiah lebih besar buat diri sendiri jika target tersebut juga telah terpenuhi.

Semoga kiat-kiat menyembuhkan diri dari kecanduan film porno di atas cukup aplikatif untuk Anda terapkan sendiri. Semangat! Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest